Bank Negara Pangkas Bunga Lagi Akhir Maret

VIVAnews - Ketua Umum Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) Agus Martowardojo mengatakan bank-bank negara akan terus menurunkan suku bunga pinjaman.

"Dalam dua bulan pertama 2009, bank BUMN sudah turunkan bunga 0,5-1 persen," ujar Agus di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2009. "Pada akhir bulan ini, suku bunga akan turun lagi, tapi masih dikaji dulu."

Dia menekankan jika suku bunga bank BUMN sudah turun, maka bank lain diharapkan melakukan review. Selanjutnya, mereka bisa ikut melakukan penyesuaian suku bunga.

"Kalau deposito dengan rate khusus turun, maka bunga pinjaman ikut turun," katanya. "Untuk beberapa bank besar akan lebih mudah menurunkan bunganya."

Bahkan, Agus menekankan jika BI Rate bisa diturunkan lagi, serta ada himbauan agar investor institusional tidak meminta bunga simpanan terlalu tinggi, maka suku bunga pinjaman akan lebih mudah diturunkan. Saat ini, BI Rate sudah di kisaran 7,75 persen.

"Namun setiap bank mempunyai kondisi yang berbeda," katanya di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2009.

Dia menjelaskan penurunan suku bunga kredit tergantung dari beberapa faktor seperti biaya dana, kecukupan likuditas, marjin yang diperlukan untuk menangani risiko. Dari waktu ke waktu penurunan bunga BI Rate untuk bisa direfleksikan butuh waktu 1-3 bulan.

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya
Penampilan baru Park Bo Ram

Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini

Karena penyelidikan sedang dilakukan, sulit untuk mengungkapkan banyak rincian terkait kematian Park Boram yang dipastikan meninggal dunia pada usia 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024