Qualcomm Merambah Industri Game

VIVAnews -- Sebuah konsol game baru yang ditujukan bagi penggila game di negara-negara berkembang, baru saja diluncurkan di ajang Game Developers Conference yang digelar di San Francisco.

Zeebo, nama konsol game itu, akan didukung oleh Qualcomm. Qualcomm adalah raksasa pembuat chip ponsel yang berbasis di San Diego California.

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Perusahaan ini memproduksi chipset berbagai ponsel pintar dan PDA semisal HTC Touch Diamond, Sony Ericsson Xperia X1, bahkan BlackBerry Storm.

Zeebo tak akan menggunakan keping cakram untuk memainkan game, melainkan sepenuhnya tergantung pada jaringan selular. Ia bisa langsung dicolokkan ke TV jenis apapun, dan hanya membutuhkan konsumsi listrik yang kecil.

Bahkan ia memiliki baterai yang bisa diisi, mirip dengan baterai ponsel. Oleh karenanya, ia diharapkan dapat mendobrak pasar negara berkembang yang selama ini tak berhasil dimasuki oleh konsol-konsol besar akibat maraknya pembajakan software di keping cakram.

"Daripada konsumen harus naik bus untuk membeli software game bajakan, lebih baik mereka duduk di rumah dan membeli langsung lewat internet," ujar Chief Executive Zeebo John Rizzo.

Pemilihan koneksi internet lewat jaringan selular memang bukan sembarangan. Jaringan selular di negara-negara berkembang biasanya memang lebih siap ketimbang jaringan pita lebar kabel, yang membutuhkan investasi jauh lebih besar.

Dengan demikian, Qualcomm yang selama ini lebih banyak berkecimpung di dunia selular, kini mulai melebarkan sayapnya ke industri chip gaming. Qualcomm akan menyuplai prosesor, pemroses grafik, software, serta modem 3G untuk Zeebo.

Zeebo memang bukan tandingan konsol-konsol game kelas atas seperti PlayStation3, Nintendo Wii, atau XBox 360. Pasalnya teknologi yang dimiliki Zeebo mirip dengan teknologi yang dimiliki antara generasi PlayStation tahun 1994 dengan PlayStation tahun 2000.

Namun demikian, bagi pasar negara berkembang, konsol game kelas bawah masih cukup laris. Tengok saja Sega Genesis yang masih banyak dicari di Brazil. Oleh karenanya, Zeebo bakal membidik negara-negara berkembang seperti India, Cina, Brazil, dan Eropa Timur.

Beberapa pengembang game besar seperti Electronic Arts, THQ, dan Activision Blizzard telah meneken perjanjian untuk menyediakan game bagi konsol ini.  

Rencananya, Zeebo akan dijual di Brazil bulan depan, seharga US$199 (sekitar 2,2 juta), dan setiap game bakal dijual secara online seharga US$ 10. Penjualan Zeebo di beberapa negara lainnya akan dilakukan akhir tahun ini dengan banderol harga US$179. Tahun depan, Zeebo berencana menurunkan harga menjadi US$ 149 (sekitar 1,7 juta).

Praz Teguh.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Bagi Praz Teguh, ketika melihat seorang wanita ia tidak suka memandangi bagian dada ataupun pinggang yang menunjukkan seberapa seksi tubuh wanita itu. Tapi dari mata kaki

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024