Pemilihan Presiden 2009

Amien: Yudhoyono, Kalla & Mega Semazhab

VIVAnews - Tokoh Reformasi Amien Rais menilai Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnoputri sama saja. Mereka bertiga sama-sama bermazhab ekonomi pasar.

"Sekali lagi saya katakan, Pak SBY, Pak Jusuf Kalla, dan Ibu Megawati, itu mazhab ekonominya sama," kata Amien Rais usai diskusiĀ  "Menyelamatkan Industri Timah Nasional" Komite Penyelamat Kekayaan Negara di gedung Dewan Perwakilan Daerah, Senayan, Jakarta, Selasa 24 Maret 2009.

Visi, pandangan, dan perspektif mereka, menurut Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada itu, adalah ekonomi pasar. "Ekonomi ala IMF, ekonomi jongos, ekonomi subordinasi dari kepentingan korporasi internasional," ujarnya.

"Andaikan salah satu dari mereka atau muncul tokoh yang lain yang menawarkan perubahan untuk perbaikan, change for the better, saya akan mengusahakan supaya PAN bergabung dengan kekuatan perubahan itu," ujarnya.

Sebagai mantan Ketua Umum, salah seorang pendiri, dan Penasihat PAN, Amien akan memberitahukan kepada PAN, bukan untuk memilih "siapanya," tapi memilih "apanya." "Kalau misalnya SBY bisa melakukan perubahan dan bukan "lanjutkan," kemungkinan PAN bisa berkoalisi dengan SBY," ujarnya.

Sebelumnya Amien Rais juga menyinggung Prabowo Subianto sebagai calon presiden yang menawarkan suatu program yang relatif lebih jelas dan menarik. Namun tawaran Prabowo itu pun baru slogan, belum ada kertas kerja, buku cetak biru, atau tulisan-tulisan pemikirannya yang tertata rapi.

Lebih jauh mengenai pikiran Prabowo, simak liputan khusus SOROT ini.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024