Sidang Demo BBM Rusuh

Amien Rais: Ferry Teman Saya

VIVAnews - Tokoh reformasi yang juga mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais menghadiri sidang kasus demu bahan bakar minyak (BBM) rusuh dengan tersangka Sekertaris Jenderal Komite Bangkit Indonesia, Ferry Juliantoro.

"Ferry itu teman saya," kata Amien Rais di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gadjahmada, Jakarta, Selasa 24 Maret 2009.

Sidang hari ini mengagendakan pembacaan nota pembelaan (pledoi) dari Ferry Juliantoro. "Ini bentuk dukungan secara moral untuk Ferry," kata Amien Rais, tersenyum.

Pada 16 Maret 2009, jaksa menuntut Ferry selama enam tahun penjara. Jaksa menilai Ferry terbukti melakukan penghasutan dalam demo kenaikan harga BBM.

Meski pada hari kejadian demo, 24 Juni 2008, Ferry tak di Jakarta. Jaksa merasa punya bukti terdakwa mengkoordinasi aksi yang berujung rusuh itu. Karena permintaan untuk masuk gedung Dewan ditolak, massa bergerak menujuĀ  Universitas Atmajaya. Ketika menemui mobil pemerintah, massa lalu bertindak anarkis dengan membakar mobil plat merah itu.

Selain Ferry, Ketua Komite Bangkit Indonesia, Rizal Ramli juga dijadikan tersangka dalam kasus yang sama. Bedanya, kepada Rizal tidak dilakukan penahanan.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024