MS Kaban Tak Penuhi Panggilan Panwas

VIVAnews - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban tak memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilhan Umum (Panwaslu) Kota Bogor, terkait pembagian sembako ke warga yang berada di sekitar rumahnya di Perumahan Budi Agung, Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu 22 Maret lalu.

"Utusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB datang ke kantor Panwaslu untuk memberitahu ketua Umum PBB tidak bisa hadir," kata Ketua Panwaslu Kota Bogor, Rudi Rochyadi, kepada Vivanews, Selasa 24 Maret 2009.

Dia menjelaskan, tidak hadir karena sedang melaksanakan tugas negara sebagai Menteri Kehutanan (Menhut) di Halmahera, Kalimantan Barat hingga tanggal 26 Maret 2009. "Jadi, beliau keluar Kota, bukan kampanye PBB," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya tugas negara tersebut, dalam waktu dekat ini, Panwaslu Kota Bogor tidak bisa memanggil kembali. "Kemungkinan besar kami akan memanggil MS Ka'ban, setelah pulang dari Halmahera tersebut," ujarnya.

Namun, kata dia, malam ini Panwaslu Kota Bogor akan rapat untuk membicarakan kasus MS Kaban yang membagikan dua ribu sembako kepada warganya tersebut mengakibatkan ratusan anak dan jompo terinjak-injak dan pingsan di rumah MS Kaban.

"Jika hasil rapat tersebut, hasilnya ada tindak pidana. Kami akan menyerahkan kasus ini kepada tindak penyidik untuk menindaklanjutinya. Saat ini kami sedang mengumpulkan data-data dari berbagai sumber," ujarnya.

Ia menegaskan, kampanye PBB di kediaman ketua Umumnya tersebut diduga mengandung unsur politik uang. Dikarenakan, didalam Undang-Undang Pemilu Partai Politik (Parpol) dilarang membagikan uang atau sembako khususnya pada masa kampanye.

Laporan: Ayatullah | Bogor

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024