Apple iPhone Saingi Nintendo DS dan PSP

VIVAnews -- Nintendo DS dan Sony PlayStation kini punya saingan. Tak lain dan tak bukan, saingan itu adalah ponpin (ponsel pintar) anyar besutan Apple, iPhone 3G.

Menurut pendiri perusahaan game NGmoco, Neil Young, iPhone dapat menjadi platform mobile gaming yang lebih baik daripada Nintendo DS maupun Sony PSP.

Pasalnya, pengguna iPhone selalu menentengnya kemanapun juga, sehingga mereka selalu terkoneksi, di manapun lokasinya. Berbeda dengan pemakai PSP dan Nintendo DS yang tak selalu membawa konsol itu dalam kegiatan harian mereka.

Selain itu dari sisi sebarannya, iPhone 3G juga tidak kalah dibanding  pengguna Nintendo DS dan Sony PSP. Bila pemakai iPhone 3G digabungkan dengan pemakai Apple iPod Touch yang sama-sama menggunakan sistem operasi iPhone, ada tak kurang dari 30 juta penggunanya.

Para developer game juga bisa memanfaatkan berbagai keunggulan yang dimiliki iPhone untuk menambah elemen sensasi bermain dengan fitur layar sentuh, akselerometer (sensor gerak), dan informasi lokasi berbasis GPS.

"Sudah jelas kualitas game iPhone mengalahkan game konsol lain. Dan lebih-lebih lagi bila dibandingkan dengan konsol portabel dari generasi yang lebih awal lagi," kata Neil Young saat berbicara di ajang Game Developers Conference, yang dikutip dari situs Informationweek.

Terlebih lagi adanya toko online penyedia aplikasi iPhone App Store sukses membiasakan penggunanya untuk melakukan pencarian aplikasi, pembelian, melakukan pengunduhan, dan penginstalan secara seketika di 'udara'.

Sejak mulai muncul tahun lalu, App Store telah menampung sekitar 25 ribu aplikasi mobile. Hingga kini tak kurang dari 800 juta unduhan telah diakses oleh para pengguna iPhone, dan kategori yang paling populer adalah game, yang mencapai hingga 60 persen dari keseluruhan aplikasi.

Para pengembang game besar seperti Electronic Arts, dan THQ juga telah merilis game mereka yang untuk dimainkan pada iPhone maupun iPod Touch. "iPhone memang telah merevolusi segalanya," kata Young.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memimpin pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pihaknya kembali menyelidiki kembali maraknya perdagangan pakaian bekas hasil impor.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024