Permen Gummy Bisa Jadi Camilan Sehat

VIVAnews - Permen memang enak dinikmati. Ketika mulut pahit, penangan manis favorit anak ini bisa pun jadi camilan tepat. Masalahnya, rasa manis permen tentu bisa mengacaukan program diet.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Tapi, tahukah Anda ada jenis permen menyehatkan sekaligus bisa untuk pengganti camilan tinggi kalori? Yaitu, permen gummy. Jenis permen lunak yang bertekstur kenyal.

Permen ini terbuat dari gelatin, yang diambil dari kulit, tulang dan jaringan pengikat pada sapi. Gelatin  mengandung protein murni yang ekstrasi dari jaringan kolagen kulit, tulang atau ligamen hewan. Permen yang terbuat dari gelatin ini bisa dibilang lebih sehat dibandingkan permen keras.

Menurut Ir. Chandra Irawan, Pakar Teknologi Pangan dan Gizi dari Akademi Kimia Analis Bogor, “Permen Gummy bisa menjadi alternatif penangan yang cukup sehat. Karena nilai gizinya yang tinggi. Lebih sehat karena mengandung protein berserat yang disebut kolagen. Dan, kadar protein, khususnya asam amino, didapat dari gelatin. Gelatin kering itu mengandung kira-kira 80% protein, 12 air dan 4 mineral.”

Protein memang bermanfaat bagi tubuh. Khasiatnya antara lain untuk pembentukan zat darah merah. 

“Nggak cuma buat anak-anak, permen gummy bisa dijadikan snack sehat orang dewasa. Karena tidak mengandung lemak (fat free) dan kadar gulanya lebih rendah 30% dari permen biasa,” kata Fransiska Hermanto, Development Director Yuppi Indonesia.

Karena teksturnya yang kenyal, Fransiska menambahkan saat mengunyah permen ini Anda tanpa sengaja melakukan senam muka. Untuk pilihan rasa, ada beberapa macam. Tingkat keasaman berbeda-beda. Jadi, bagi Anda yang memiliki keluhan asam lambung sebaiknya memillih yang tingkat keasamannya rendah. Keterangan ini dapat dibaca di kemasan.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024