Tiga Wartawan Belanda Ditangkap Imigrasi

VIVAnews - Tiga wartawan berkebangsaan Belanda diamankan setelah meliput kegiatan demonstrasi soal Papua Merdeka di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Papua, Selasa 24 Maret 2009.

Ketiga wartawan yang bernama Gabriel, Pieter, dan Ronal langsung digiring ke kantor Imigrasi Papua untuk diperiksa. Ketiganya adalah jurnalis dari kantor berita NRC Belanda.

Ketiga wartawan itu masuk dalam rombongan perintis berdirinya Organisasi Papua Merdeka, Nikolaus Youwe, yang sedang berkunjung ke Jakarta dan Papua sejak hari Minggu lalu. Namun, saat rombongan sudah bertolak kembali ke Belanda, ketiga wartawan tetap di Jayapura dan meliput aksi demo Papua merdeka itu.

Menurut Pelaksana Harian Imigrasi kelas I Jayapura, Hendiartono menyatakan penangkapan dilakukan karena ketiga wartawan ituĀ  melanggar izin peliputan dari KementerianĀ  Koordinator Kesejahteraan Rakyat. "Izinnya hanya untuk meliput acara kunjungan Nikolaus di Papua," kata Hendiartono.

Saat ini, ketiganya masih menjalani pemeriksaan. Jika ditemukan pelanggaran, ketiga wartawan itu terancam sanksi dan dideportasi ke negara asalnya.

Laporan: Meirto Tangkepayung (ANTV) | Jayapura

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila
Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024