Pabrik Semikonduktor

Globalfoundries Siap Produksi 32 Nano

VIVAnews – Globalfoundries, perusahaan yang awalnya merupakan unit bisnis manufaktur milik AMD yang dilepaskan dan berdiri sendiri siap memproduksi chip mikroprosesor terbaru. Rencananya, perusahaan joint venture antara AMD dan ATIC tersebut akan membuat prosesor 32 nanometer pertama mereka di kuartal keempat 2009 mendatang.

Penerimaan pesanan desain chip mulai dibuka di kuartal keempat dan jika semua sesuai rencana, chip yang dipesan akan selesai pada 2010. Diharapkan, produk akan dapat beredar di awal 2010, bukan di akhir tahun.

Secara logis, kemungkinan besar pelanggan pertama Globalfoundries merupakan AMD yang akan membuat prosesor AMD dan chip grafis ATI mereka. Akan tetapi, cukup menarik jika merekamampu menghadirkan teknologi produksi 32 nanometer sebelum Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) karena TSMC merupakan pemain besar di industri manufaktur chip mikroprosesor dan sudah beroperasi sejak 1987, sementara Globalfoundries baru berusia 2 minggu. 

Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari Fudzilla, 25 Maret 2009, saat ini Globalfoundries juga sedang dalam tahap negosiasi dengan calon pelanggan potensial dan meyakinkan bahwa mereka juga akan mendapatkan pelayanan yang sama seperti yang Globalfoundries berikan pada AMD. Calon pelanggan seperti Nvidia, VIA, Freescale, atau produsen chip lainnya tentu akan didekati meski sementara ini, AMD yang akan memanfaatkan pabrik tersebut. 

Pabrik Globalfoundries yang ada di Dresden siap membuat prosesor 32 nanometer pada 2010. Intel sendiri akan mulai memproduksi prosesor 32 nanometer di kuartal keempat 2009, meski begitu, volume massal baru akan siap di 2010. Ini merupakan kabar gembira bagi AMD karena mereka berpotensi mempersingkat jarak antara teknologi 32 nanometer Intel dengan 32 nanometer miliknya.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia
Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024