Jaminan Sukuk Global Tinggal Rp 7,5 Triliun

VIVAnews - Penerbitan sukuk global akan memanfaatkan sisa underlying yang ada sebesar Rp 7 triliun hingga Rp 7,5 triliun. Sementara untuk penambahan aset masih akan dibahas dengan DPR.

"Underlying tambahan belum dibahas DPR, tergantung persetujuan DPR," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu 25 Maret 2009.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Sukuk global yang akan diterbitkan pemerintah rencananya sebesar US$ 500 juta. Soal tambahan jaminan yang disiapkan yakni Gelora Bung Karno, Rahmat mengaku masih menunggu sikap DPR.

Penerbitan sukuk global oleh berbagai negara sampai pertengahan Februari meningkat pesat. Beberapa negara lain siap menerbitkan sukuk global adalah Indonesia, Thailand dan Hongkong.

Menurut data Departemen Keuangan, total penerbitan sukuk global meningkat pesat dari US$ 4,89 miliar pada 2002 menjadi US$ 84,1 miliar pada 2008. Sukuk yang beredar di pasar tersebut diterbitkan oleh berbagai negara, baik muslim atau non muslim.

Sejauh ini, sejumlah negara non muslim yang menerbitkan sukuk global adalah Jerman, AS, Jepang, China, Inggris. Sukuk global pun diterbitkan regular oleh Malaysia, Bahrain, Brunei, Qatar dan Uni Emirat Arab. Sukuk Malaysia menguasai 31 persen dari total penerbitan sukuk di seluruh dunia.
 
Selama 2002 hingga Oktober 2008, Malaysia menerbitkan sukuk berdasarkan mata uang ringgit Malaysia US$ 39,5 miliar, dalam dolar AS US$ 26,2 dan mata uang lainnya US$ 12,4 miliar.

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024