Kadin Desak Pemerintah Cepat Cairkan Stimulus

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri bidang Telekomunikasi, Teknologi Informasi dan Media, Anindya N Bakrie mengatakan pemerintah tidak perlu takut mengucurkan stimulus.

Menurutnya, stimulus merupakan dana masyarakat dan pada akhirnya akan kembali lagi ke masyarakat juga. Sebab bagaimana pun dalam menghadapi krisis ini, menggelontorkan uang untuk memacu kegiatan ekonomi adalah hal yang penting. Kadin sangat mendukung upaya pemerintah dengan memberikan stimulus fiskal.

"Kita itu hampir 70 persen PDB adalah konsumsi domestik," ujarnya dalam diskusi peluncuran PPP Book di Bappenas, Rabu 25 Maret 2009. Sehingga bagaimana pun dana yang dikeluarkan oleh pemerintah, pasti akan kembali ke masyarakat.

Kadin melihat dalam upaya perbaikan ekonomi di masa krisis ini, pemerintah telah mengarahkan pada kebijakan yang benar. Kadin juga menyambut baik peluncuran buku PPPĀ  dan diharapkan bisa mendukung pembangunan infrastruktur.

Dana infrastruktur yang sampai 2014 mencapai Rp 1.429 triliun, kata dia, bisa menjadi penggerak ekonomi. Diperkirakan dengan kucuran dana yang besar selama lima tahun ini, sektor lapangan kerja yang tercipta bisa lebih banyak. "Ini memberi semangat tambahan investasi baru di Indonesia," katanya.

Hanya saja yang perlu dicatat adalah, dari total dana Rp 1.429 triliun, hanya sekitar sepertiganya yang bisa dikucurkan oleh pemerintah. Optimalisasi swasta diharapkan bisa dimaksimalkan melalui PPP book. "Kalau bisa dipercepat dan diharapkan supaya program infarstruktur ini sudah bisa dimulai apda kuartal kedua awal," katanya.

Ada Konflik Israel-Iran, Pemerintah Bakal Beri Bansos?
Ilustrasi berkendara motor.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Baru-baru ini terdapat sebuah rekaman video di media sosial yang menunjukkan aksi pengendara motor wanita, yang berboncengan dengan kawannya sedang menanjak sebuah jalana

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024