AMD Siapkan Tool untuk Pengembang Game

VIVAnews - AMD umumkan ketersediaan GPU PerfStudio 2.0, sebuah tool pengembang aplikasi gratis yang ditujukan bagi produsen game. Meski begitu, saat ini aplikasi yang bersangkutan baru tersedia dalam program beta tertutup.

GPU PerfStudio 2.0 didesain untuk dapat diintegrasikan dengan mudah pada project yang sedang dikerjakan serta membantu dan mengatasi permasalahan seputar performa di awal siklus masa pengembangan. Dengan tool tersebut, AMD menghadirkan penjelasan teknologi grafis 3D jajaran ATI Radeon mereka saat pengembangan game sedang berjalan.

“GPU PerfStudio 2.0 suite merupakan aplikasi ekstensif, dapat dikustomisasi, dan berbasis standar terbuka yang penting bagi para pengembang game yang membutuhkannya untuk diintegrasikan pada alur kerja yang sedang berjalan,” kata Neal Robinson, Director Developer Relations Graphics Products Group AMD pada keterangan pers yang VIVAnews terim, 25 Maret 2009. “AMD ingin melengkapi pengembang game solusi hardware lengkap dengan tool pengembangan yang dapat meningkatkan efisiensi pembuatan game dan memperbaiki kualitas performa 3D dari game yang dibuat,” ucap Robinson.

Dengan GPU PerfStudio 2.0, AMD memperkenalkan GPU Performance Analysis tool yang baru yang terdiri dari Frame Debugger, Shader Debugger, serta Frame Profiler. Dengan Frame Debugger, pengembang game dapat menghentikan aplikasi pada frame tertentu untuk inspeksi secara detail. Shader Debugger digunakan untuk debugging secara langsung dari HLSL dan ASM pixel shader, sementara Frame Profiler memungkinkan identifikasi secara cepat terhadap bottleneck performa dan peluang untuk melakukan optimalisasi.

Dari uji internal yang dilakukan, menggunakan GPU PerfStudio 2.0, pengembang software AMD berhasil menghemat waktu secara signifikan ketika mencari dan mengatasi permasalahan yang terjadi di dalam game.

Tool gratis ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengembang game tanpa perlu melakukan modifikasi terhadap kode program yang sudah ada. Ini memungkinkan pengembang untuk mengidentifikasi secara cepat masalah algoritma dan performa di awal proses pengembangan, menghindari kerumitan pencarian masalah di tahap pengembangan berikutnya yang mengharuskan bagian tertentu dari game untuk diprogram ulang untuk mengatasi masalah yang ada.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

Pengembang game yang berminat dapat menghubungi AMD di perfstudio.beta@amd.com.

Raffi Ahmad

Cerita Mistis Raffi Ahmad Melihat Komedian Sapri Sebelum Meninggal

Raffi menceritakan kejadian anehnya saat berada di lokasi syuting, saat itu ia melihat sosok Sapri di tengah kerumunan. Padahal yang ia tahu, saat itu Sapri sedang sakit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024