Andalkan Dana Stimulus Infrastruktur

Jalan Lintas Sumatra dan Sulawesi Dipercepat

VIVAnews - Dana stimulus Rp 1,7 Triliun yang dikucurkan ke Departemen Pekerjaan Umum akan dipakai mempercepat pembangunan beberapa proyek jalan nasional. Selain itu untuk mendukung program penunjang, pembulatan proyek serta antisipasi penanganan banjir.
 
Beberapa ruas jalan yang memperoleh bantuan dana yaitu Lintas Timur Sumatra, Lintas Barat Sulawesi, flyover Amplas Sumatra, serta Manokwari-Sorong. Stimulus juga dimanfaatkan untuk kegiatan penunjang untuk mempertahankan fungsi jalan nasional yang seharusnya sudah mendapat rekonstruksi (pembangunan kembali).

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

Selain itu untuk mendukung proyek yang bertujuan memperluas lapangan kerja diantaranya lintas pantura dan perbaikan bendungan untuk mencegah banjir.
 
Direktur Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak mengatakan stimulus fiskal yang disetujui akan menambah anggaran Dep PU menjadi 18,7 triliun. Dana Rp 1,7 triliun akan dipakai untuk tiga hal utama. "Belum berupa DIPA, tetapi sudah sampai ke Departemen Keuangan. Mudah-mudahan minggu depan bisa dilakukan," katanya pada temu wartawan di Departemen PU Jakarta, Rabu 25 Maret 2009.
 
Hermanto menjelaskan kendala yang biasa dihadapi dalam pelaksanaan proyek adalah proses yang memakan waktu. Dia menjelaskan, tender biasanya dilakukan Januari dan kontraknya baru bisa ditandatangani Maret atau April.

Karena itu, PU akan mempercepat proses tender sejak November mendatang. "Saat ini dari Rp 17 triliun, sudah terserap 70 persen berupa kontrak dan Swakelola," katanya.

Sekitar 13 proyek juga akan dipercepat tahun ini dengan dana berasal dari anggaran reguler maupun stimulus. Proyek itu adalah lintas timur Sumatra yakni Jalan Sukadana-seputih, Lahat-Tebing Tinggi, Flyover Amplas Medan, Akses Tanjung Priok,Jembatan Mahakam Hulu, Bogor Ring Road, Jembatan Suramadu, Flyover Makassar, Manado-Mapanget dan Jalan Manokwari-Sorong.
 
Pada pelaksanaannya, target utama pelaksanaan akan mencakup bahu jalan dan drainase yang menyerap tenaga kerja. Diperkirakan dengan program stimulus Rp 1,7 triliun, akan menyerap tenaga kerja 54.603 orang yang terdiri dari tenaga kerja langsung 38.535 orang dan tenaga kerja tidak langsung 16.068 orang.

Ade Paloh

Kabar Duka Ade Paloh Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia musik tanah air. Vokalis band Sore, Firza Amar Paloh atau dikenal dengan nama Ade Paloh meninggal dunia, Selasa 19 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024