Pemilu, Semua TKI Bakal Libur

VIVAnews - Pemerintah sedang mengupayakan tenaga kerja Indonesia (TKI) di masing-masing negara penempatan akan mendapatkan hari libur saat menunaikan hak politiknya dalam Pemilu, 9 April mendatang.

"Saya sudah minta kepada pemerintah di negara-negara penempatan untuk mengumumkan kepada para pengguna jasa TKI supaya memberi waktu dan izin bagi TKI," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Rabu 25 Maret 2009.

Erman mengatakan sudah menemui pada duta besar negara penempatan dan menyampaikan bahwa setiap WNI yang berada di luar negeri berhak mengikuti pemilu. "Karena itu, harus diberi ruang dan fasilitas bagi mereka untuk mencontreng,” ujarnya.

Hingga saat ini, dia menambahkan, di Malaysia telah tercatat 900 ribu TKI yang sudah mendaftar untuk ikut Pemilu. Sedangkan di Hong Kong dari 450 ribu TKI, telah terdaftar sebanyak 300 ribu orang.

"Dalam satu atau dua hari akan ada laporan lengkap keikutsertaan TKI dalam pemilu selain dari Malaysia dan Hong Kong," ujarnya. Para Atase Ketenagakerjaan sudah diinstruksikan oleh Erman untuk mencatat dan melaporkannya.

”Masih ada waktu sampai menjelang tanggal 9 April bagi TKI untuk mendaftarkan diri. Saya masih menunggu laporan lengkapnya," katanya. "Tapi yang paling penting, saya minta pengamanan, ruang, dan kesempatan dalam melaksanakan pemilu.”

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024