Yahoo Gelar Kompetisi Developer Lokal

VIVAnews -- Yahoo akan menyelenggarakan kompetisi bagi para developer di Indonesia untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi mobile pada platform Yahoo Go (aplikasi Yahoo di ponsel Java).

Rencananya, Yahoo akan meluncurkan kompetisi bertajuk Yahoo Mobile Developer Award di Indonesia pada 4 April mendatang.

"Kami sudah menggelar acara gathering bersama para developer Indonesia sabtu pekan lalu," ujar Pontus Sonnerstedt, Senior Director Yahoo Indonesia kepada VIVAnews, di Coffee Corner La Piazza Jakarta, Rabu 25 Maret 2009. 

Pada acara gathering, Pontus bertemu sekitar 200 developer Indonesia dan memperkenalkan jejaring pengembang Yahoo global, yaitu Yahoo Developer Network. Ia juga memperkenalkan Yahoo Blueprint, platform untuk membangun situs mobile, widget-widget, serta aplikasi-aplikasi lain.

"Kami sangat tertarik untuk melibatkan para developer lokal. Semua orang bisa berkontribusi membuat konten dan widget di atas platform Yahoo," Pontus menambahkan.

Yahoo Mobile Developer Award (YMDA) sendiri, kata Pontus merupakan ajang kompetisi di antara developer-developer untuk mengembangkan konten-konten baru, terutama untuk menunjang periklanan mobile di platform Yahoo.

Pada ajang ini Yahoo menggaet tujuh perusahaan sponsor yang hendak beriklan di platform Yahoo. Masing-masing perusahaan menyediakan hadiah sebesar US$ 10 ribu atau sekitar Rp 115 juta bagi pengembang yang terbaik.

Setelah itu, di antara ketujuh pemenang masing-masing kategori, akan dipilih satu aplikasi terbaik. Developer terbaik itu nantinya akan kembali mendapat US$ 10 ribu, sehingga total hadiah yang ia peroleh adalah sebesar US$ 20 ribu atau sekitar Rp 230 juta.

Menurut Pontus, Yahoo sudah beberapa kali menggelar acara sejenis di negara lain. "Tak hanya di Indonesia kami menggelar event seperti ini. Yahoo juga telah menggelar kegiatan semacam ini di negara-negara yang memiliki potensi pasar yang besar."

Tujuannya cuma satu, yaitu menggaet developer lokal sebanyak-banyaknya di tiap negara, untuk turut dalam jejaring developer Yahoo. Salah satu contohnya, Yahoo pernah menyelenggarakan YMDA di Singapura, tahun lalu.

Setelah dibuka nanti, YMDA Indonesia akan menyediakan jadwal presentasi dan pengujian bagi para peserta. Hasil pemenang ditentukan berdasarkan acara final yang akan diadakan 15 Mei 2009.

Animo developer lokal untuk turut ambil bagian dalam ajang ini cukup besar. Kabarnya, ada lebih dari lima ribu pengembang lokal yang berminat mengikuti kegiatan ini.

Sementara dari sisi pengguna, menurut Pontus, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia  yang menggunakan aplikasi Yahoo Go.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Sayang Pontus tak membeberkan di urutan berapa persisnya pengguna Yahoo Go Indonesia. "Kami baru meluncurkan Yahoo Go 2.0 di Indonesia setahun yang lalu, tapi reaksi pasar sangat menakjubkan," ujar Pontus.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024