Asam Folat Cegah Bayi Lahir Hydrocephalus

VIVAnews – Kelainan hydrocephalus atau penumpukan cairan di kepala kerap terjadi pada bayi sejak dalam kandungan. Namun hal itu bisa dicegah dengan konsumsi vitamin khusus yang selama masa kehamilan. Dengan vitamin yang mengandung asam folat, hydrocephalus pada bayi yang akan dilahirkan bisa dicegah.

Tes awal yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Manchester dan Lancaster, Inggris, dengan menggunakan objek penelitian tikus menunjukkan bahwa asam folat (vitamin B yang larut dalam air) bisa mengurangi resiko hydrocephalus. Bahkan, asam folat masih efektif walau hydrocephalus sudah mulai berkembang.

Namun studi awal tersebut masih merupakan tahap awal. Tim peneliti sedang berusaha mendapat izin untuk melakukan studi klinis dengan menggunakan objek wanita hamil, yang bayi di dalam kandungannya didiagnosis mengidap hydrocephalus.

Suplemen tersebut saat ini belum bisa diperoleh. Produsen obat perlu memproduksi asam folat itu dalam bentuk pil terlebih dulu.

Saat ini, hydrocephalus mengancam satu dari seribu kelahiran hidup. Perawatan yang memadai dan memuaskan juga belum ada. Sejauh ini, perawatan yang dapat diberikan kepada penderita hydrocephalus adalah dengan mengalihkan cairan dari otak ke rongga perut atau jantung, melalui operasi.

Tapi metode itu harus dilakukan secara rutin dan berisiko menimbulkan infeksi. Selama hidup, pasien akan terus-menerus melakukan operasi itu beberapa kali. Pengidap hydrocephalus biasanya mengalami lemah mental dan keterbatasan gerak.

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Pelatih TImnas Indonesia, Shin Tae-yong selangkah lagi akan mendapatkan perpanjangan kontrak dari PSSI. Erick Thohir memastikan jika hal itu dapat dicapai.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024