Sang Maestro Pelawak Itu Kini Telah Tiada

VIVAnews – Timbul Suhardi, pria kelahiran Magelang 28 Desember 1942 ini adalah salah satu dari puluhan pelawak senior di Indonesia.

Siapa yang tidak kenal Srimulat? Adegan ketoprak ludruk yang selama beberapa tahun sering diputar di televisi nasional ini.

Beliau inilah salah seorang tokoh pendirinya. Berkarir sebagai seniman Paguyuban Samiaji, Timbul demikian sapaan akrab beliau, ia banyak dikenal oleh seluruh masyrakat Indonesia.

Namun hari ini Kamis 26 maret 2009, Timbul Suhardi meninggal di rumahnya di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Almarhumah Timbul meninggalkan seorang istri dan enam orang anak. Kediaman terakhir beliau adalah di jalan Anggrek Cenderawasih VIIA no 13, Kemanggisan Jakarta Barat.

Timbul dikenal sebagai pelawak militan. Dalam keseharian ia adalah orang yang berperawakan sederhana dengan pakaian khas belangkon.

Lahir dari keluarga seniman, Timbul punya cita-cita besar untuk selalu membuat orang tersenyum dan tertawa. Dalam banyak iklan, penampilannya pun selalu tampil lucu.

“Uenak tenan” adalah beberapa kata kenangan yang membuat pelawak ini terkenal.

Awal karirnya dimulai, ketika ia bergabung bersama kelompok Srimulat pada tahun 1979. Tahun 1983, ia dipercayai menjadi sutradara Srimulat. Namun karena alasan honor tidak memadai, ia memutuskan untuk keluar dari grup ini.

Tahun 1998, bersama beberapa teman kesenian lain, ia mendirikan Yayasan Paguyupan Kesenian Samiaji. Paguyuban ini beranggotakan 80 orang.

Hasil karyanya yang paling terkenal dan sering diputar di salah satu televisi swasta adalah Ketoprak Humor. Lakon ketoprak ini selalu ditunggu-tunggu pemirsanya untuk menyaksikan kekocakan grup Samiaji ini.

Timbul lahir memang dari keluarga seniman. Orangtuanya adalah pasangan Djumadi dan Suhardi, yang dulu juga adalah pimpinan ketoprak wayang orang “Margo Utomo”.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepertinya darah seniman kedua orangtua ini mengalir dalam diri Timbul. Terbukti hasil karya Ketoprak Humor ini sukses dan bisa menghibur pemirsa televisi nasional selama kurang lebih delapan tahun.

Timbul pun dalam kepiawaiannya memimpin grup ini, pada tahun 2000-2001 berhasil menyabet Panasonic Award untuk Ketoprak Humor sebagai acara televisi terfavorit.

Selamat jalan Pak Timbul

Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024