Panwas Makassar Temukan DPT Ganda

VIVAnews - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Makassar menemukan sekitar 100 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda di Makassar. Temuan tersebut bermula saat Panwas melakukan verifikasi terhadap DPT di tingkat kecamatan, Kamis, 26 Maret 2009.

Ketua Panwaslu Kota Makassar, Abdul Haeba Ramli mengatakan, DPT ganda tersebut ditemukan oleh panwas Kecamatan Tamalate, setelah banyak mendapat aduan dari masyarakat.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

“Kita hanya melanjutkan sejumlah laporan masyarakat. Dan ternyata memang ada DPT Ganda,” katanya kepada wartawan, saat ditemui di kantor Panwas Kecamatan Tamalate.

Berdasarkan temuan Panwas Makassar, DPT ganda tersebut ditemukan di Kelurahan Bongaya, Kecamatan Tamalate. Nama-nama dalam DPT itu terdaftar dalam dua TPS, yakni TPS II dan TPS III. Kasus lainnya, ada nama yang masih dimasukkan, meski telah lama meninggal dunia.

Hingga malam ini, panwas Kecamatan telah menemukan tidak kurang dari 100 DPT ganda. Padahal, mereka baru memverifikasi di 1 kelurahan. Di Kecamatan Tamalate, lanjut Haeba, memiliki 20 kelurahan dan sekitar 256 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ini belum final, dan kemungkinan temuan soal DPT ganda masih akan ada. Apalagi kita akan melacak per TPS,” tambahnya lagi.

Untuk itu, Panwas Makassar akan melakukan verifikasi semua DPT hingga ditingkat TPS dalam sepekan mendatang. Verifikasi tersebut untuk menjamin, tidak adanya DPT ganda dalam pelaksaaan pemilu legislatif 9 April mendatang. Sebab diyakini akan mengganggu proses pemilu.

Informasi yang dihimpun VIVAnews, Panwas Makassar akan memverifikasi sekitar 2.256 TPS yang ada di Makassar, dengan jumlah DPT yang tercatat sementara lebih 500 ribu orang.

Seluruh nama yang ditemukan ganda akan diumumkan ke masyarkat dan diserahkan ke KPU Kota Makassar. Panwas Makassar selanjutnya akan meminta KPU untuk merekomendasikan nama-nama tersebut tidak diakomodir diizinkan menggunakan hak suaranya pada pemilu mendatang.

“Itu ada pelanggaran pemilu dan bisa dijerat dengan pidana,” pungkasnya.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024