Bakar Kalori di Pantai

VIVAnews - Pantai merupakan lingkungan yang dinamis, ada air, pasir, udara, dan gelombang laut, yang berdampak bisa menenangkan pikiran. Air pantai yang mengandung garam, dan  mempunyai suhu yang hangat, ternyata bermanfaat membuat tubuh relaks. Jika kaki atau tubuh Anda masuk ke dalam air selama lima menit, Anda akan merasa lebih relaks. Rasanya seperti berendam di air garam dalam bathtub kamar mandi.

Selain itu, percaya atau tidak, melakukan kegiatan di pantai juga bisa menurunkan berat badan. Setiap menit Anda menjalani aktivitas di pantai, tubuh pun mengalami pembakaran kalori. 

Berjalan menyusuri pasir pantai
Berjalan di pasir pantai tanpa alas kaki, ternyata bisa membakar kalori lebih banyak, karena  pasir menyerap getaran lebih banyak ketimbang berjalan aspal. Karena itu, berjalan kaki di atas pasir, membuat otot-otot Anda bekerja lebih keras. Mendaki bukit pasir, memberikan latihan lebih besar pada otot-otot bokong.

Mulailah dengan jalan perlahan-lahan dalam jarak pendek, misalnya 1,5 - 3 km. Aktivitas ini bisa membakar 250 kalori per jam. Sebaiknya, rutenya pulang - pergi. Sebab, berjalan hanya ke satu arah di pantai yang miring dapat menyebabkan tendinitis (radang tendon) pada pergelangan kaki atau cedera. Selain itu, untuk mengencangkan paha, Anda dapat berjalan dalam air sedalam betis sampai pinggang.

Namun, sebelumnya sebaiknya Anda berhati-hati apakah daerah yang akan Anda lewati tidak penuh dengan sampah berbahaya, seperti paku, beling dan lainnya. Jika pantainya kotor, sebaiknya Anda mengenakan sepatu saat melakukan aktivitas ini.

- Berenang

Aktivitas sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, lakukan berenang selama 20 menit terus-menerus, tanpa henti. Selain itu, gerakan berenang juga sangat baik untuk kekuatan otot dan membakar kalori. Bila Anda berenang selama 1 jam penuh, bobot badan Anda bisa berkurang. Karena, dengan berenang tubuh bisa membakar 10 kalori setiap menitnya.

- Berjemur di bawah matahari
Selama Anda di pantai, sebaiknya jangan menyia-nyiakan paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatan kulit dan tulang. Sinar matahari mengandung vitamin D bermanfaat membantu penyerapan kalsium, yang berguna untuk pembentukan tulang. Jika Anda berkeringat, otomatis aktivitas ini bisa membakar kalori. 

Karena itu, saat berlibur di pantai alangkah baiknya jika Anda bisa meluangkan waktu untuk berjemur atau hanya berjalan-jalan di bawah paparan sinar matahari. Cahaya matahari yang baik untuk kesehatan adalah pada pagi dan sore hari (07.00-09.00 dan 15.30-17.30). Sebaiknya Anda tidak lupa untuk menggunakan tabir surya untuk meminimalkan risiko terkena kanker kulit.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi
Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024