Wakil Presiden Jusuf Kalla

"Bayangkan 1 Juta Meter Kubik Air Menerjang"

VIVAnews - Jebolnya tanggul Situ Gintung menarik perhatian para petinggi negara. Peristiwa itu menewaskan puluhan korban dan menghancurkan puluhan rumah.

"Bayangkan saja, air sebanyak satu juta kubik turun ke bawah menerjang pemukiman," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau lokasi bencana di Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat 27 Maret 2009.

Kepala Bidang Pengairan Sungai Cisadane dan Cidurian Departemen Pekerjaan Umum, Joko Suryanto, menambahkan, Situ Gintung mampu menampung air sekitar 2 juta meter kubik.

Tanggul jebol akibat tak kuat menanggung beban muatan air. Beberapa jam sebelum jebol, kawasan itu diguyur hujan lebat sekitar empat jam dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00, Kamis 26 Maret 2009.

Dengan arus yang sangat deras, air waduk langsung menghantam sejumlah pemukiman yang posisinya di bawah waduk sekitar pukul 05.00. Dalam hitungan menit, ratusan rumah terendam. Puluhan korban tewas. Puluhan rumah pun hancur.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Laporan: Nur Khafufah|ANTV

 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024