Tanggul Situ Gintung Jebol

PU: Yang Jebol Sebetulnya Saluran Pelimpahan

VIVAnews - Departemen Pekerjaan Umum mengklarifikasi kasus jebolnya tanggul Situ Gintung. Dari pengamatan yang jebol sebetulnya bukan tanggul tapi saluran pelimpahan atau spill way.

"Itu bagian dari tanggul, kita sebut spill way. Jadi kalau air tanggul keluar yang lewat situ," kata Direktur Sungai dan Waduk Departemen Pekerjaan UmumĀ  Widagdo saat dihubungi VIVAnews, Jumat 27 Maret 2009.

Jebolnya saluran pelimpahan ini meluas ke tanggul hingga sepanjang 25 meter dari total 200 meter. Untuk perbaikan, kata Widagdo, tidak ada cara lain selain membuat spill way yang baru. Namun karena saat ini kondisinya tidak memungkinkan karena untuk membuat saluran pelimpahan baru, danau harus dikeringkan, sementara saat ini masih terdapat genangan air.

"Kalau kita langsung buat, nanti nggak ada saluran pembuangan air. Jadi untuk sementara ditahan dengan kawat dan pasir sambil kita biarkan air mengalir supaya tidak jebol lagi," kata Widagdo.

Untuk membangun spill way baru, kata Widagdo, harus dibuat perencanaan yang detil, dengan memperhitungkan kondisi geologi, fondasi dan bagaimana model bangunan. "Sekarang yang kita lakukan hanya melakukan upaya-upaya darurat agar tanggul tidak longsor," kata dia.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan
Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Hormati Putusan MK: Selamat Bertugas Prabowo-Gibran

PKS menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Anies-Cak Imin terkait sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024