Obama Akan Tambah 4000 Tentara ke Afghanistan

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan mengirim 4.000 tentara tambahan untuk melatih angkatan perang Afghanistan. Sebelumnya, 17.000 prajurit AS sudah bertugas di Afghanistan. Langkah ini merupakan bagian dari peninjauan kebijakan Afghanistan dan Pakistan.

Seorang pejabat pertahanan AS yang menolak menyebutkan namanya mengatakan Obama juga merekomendasikan tindakan tegas terhadap kelompok Taliban dan al-Qaida yang beroperasi di perbatasan dua negara ini.

Menteri luar negeri AS Hillary Rodham Clinton menggambarkan pengiriman 4.000 pelatih itu sebagai gabungan strategi militer dan sipil. "Kami yakin keberhasilan dapat dicapai dengan pemberdayaan pelatih sipil, relawan kemanusiaan, dan asistensi teknis," kata Clinton di sela kunjungan ke Meksiko, Kamis (26/3) seperti dikutip laman stasiun televisi Al Jazeera.

Obama telah menyatakan bahwa AS menderita kekalahan di Afghanistan. Dia berjanji akan mengubah pendekatan dalam menyelesaikan masalah dan memberi lebih banyak peran ke pemerintah Afghanistan.

Obama berharap strategi baru yang akan dia umumkan pada Jumat (27/3) waktu setempat dapat menghentikan ancaman al-Qaida. Obama juga berencana memberi bantuan ekonomi kepada Pakistan sehingga negara itu dapat mengatasi agresivitas Taliban.

Pengamat internasional Nabi Misdaq berharap Obama tidak akan mengerahkan militer untuk mengakhiri konflik di Afghanistan. "Selama ini AS telah melakukan serangan udara yang menewaskan banyak warga sipil, jika ini terus terjadi, masyarakat justru akan bergerak melawan tentara AS," ujar Misdaq di Washington kepada Al Jazeera.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Al Jazeera

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024