Tanggul Situ Gintung Jebol

Tanggul Baru Dibangun 2 Tahun Lalu

VIVAnews - Tanggul Danau Situ Gintung, Ciputat Tangerang jebol pada pukul 04.30 pagi tadi. Tanggul ini baru dibangun sekitar dua atau tiga tahun lalu.

"Bangunan ini belum lama. Sekitar dua atau tiga tahun lalu," ujar Anggota Satuan Koordinator Pelaksana Penanggulangan Bencana Provinsi Banten yang tidak bersedia menyebutkan namanya kepada wartawan, di lokasi kejadian, Tanggerang, Jumat 27 Maret 2009.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan tanggul ini tidak kuat menahan banyaknya air. Desakan air membuat bagian bawah tanggul tergerus. Tanggul itu tidak kuat menanggung debit air tinggi akibat hujan deras sehari sebelumnya.

Setelah jebol, air yang melalui tanggul menyeret 250 rumah yang ada dihadapannya. Sejauh ini, 52 orang tewas, 44 orang hilang, dan 18 orang selamat.

Namun, menurut pengakuan anggota Satkorlak, warga sadar kalau rumahnya berada di posisi rawan sebab berada di tebing danau.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Menurut data Satkorlak Pemprov Banten, setidaknya ada tiga desa yang porak-poranda karena jebolnya tanggul itu. Ketiga desa itu, Desa Gintung, Desa Poncol, dan Desa Samratek, yang semuanya berada di Kelurahan Cireundeu, Tangerang.

Pembayaran Bukalapak paylater

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mudik lebaran menggunakan mobil, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024