Cerdas Memilih Dokter Anak

VIVAnews - Saat memiliki anak pertama, pasti akan ada banyak pertanyaan di kepala Anda tentang kondisi pertumbuhan kesehatan si kecil. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan si kecil secara detail adalah dengan berkonsultasi dengan dokter anak.

Keberadaan dokter anak memang sangat penting. Komunikasi antara Anda dan dokter anak pun harus lancar. Karena, Anda akan banyak berkonsultasi dengan dokter anak terkait kesehatan si kecil. Seperti
imunisasi, pemeriksaan rutin atau bila si kecil sakit. Untuk itu dalam memilih dokter, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

Reputasi Profesional

Sebelum Anda memilih dokter anak, tidak ada salahnya untuk melakukan survei kecil-kecilan. Dokter yang memiliki reputasi baik dan profesional pasti akan banyak diketahui orang. Anda bisa menggali informasi dari orang tua, teman atau dari pihak rumah sakit. Bergabung dengan milis kesehatan juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui dokter anak bereputasi baik dan profesional.  

Proaktif

Jika Anda sudah menentukan dokter untuk buah hati, cobalah menjadi ibu yang kritis. Tanyakanlah sedetail mungkin hal yang ingin Anda ketahui terkait kesehatan si kecil. Jawaban dari dokter bisa menjadi penilaian, apakah ia dokter yang komunikatif dan informatif atau tidak. Pilih dokter yang proaktif dan memberikan informasi sebanyak mungkin kepada pasiennya. Dengan begitu Anda juga bisa menjadi pasien yang cerdas.

Jam Kerja
Tanyakanlah pada dokter Anda, kapan ia bisa dihubungi untuk berkonsultasi. Apakah hanya saat dalam praktek saja, atau juga  dalam keadaan darurat. Tanyakan juga apakah Anda bisa mendapatkan nomor
ponselnya. Jika sewaktu-waktu si kecil sakit, Anda bisa menghubunginya.

Dokter Pengganti
Tanyakan juga pada dokter anak, apakah ia merefensikan dokter lain jika ia sedang tidak praktek. Karena, sewaktu-waktu bisa saja dokter kepercayaan Anda tidak ada di tempat dan digantikan dokter lain. Jika demikian, Anda sudah memegang nama dokter lain yang sudah direferensikan oleh dokter kepercayaan Anda.

Lokasi
Ketahui lokasi tempat praktek dokter anak. Karena, biasanya dokter juga membuka praktek di tempat lain. Bisa saja lokasi tempat praktek lain, lebih dekat dari rumah.

Suasana Tempat Praktek
Atmosfer atau suasana di tempat praktek juga akan berpengaruh pada si kecil. Untuk itu Anda juga harus mempertimbangkan keramahan dokter dan para stafnya dalam memberikan pelayanan.

Telepon
Tanyakan apakah Anda bisa menelepon jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan konsultasi. Dan Jika menelepon, apakah Anda akan langsung berhubungan dengan dokter atau melalui suster.
  
Harga
Biaya tentunya akan selalu menjadi pertimbangan. Ketahui harga konsultasi dengan dokter, sebelum Anda melakukan pemeriksaan. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan dana tiap bulan dengan terencana.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024