GP Australia

Dua Brawn GP Finish Pertama dan Kedua

VIVAnews – Banyak drama terjadi di seri pertama F1 musim ini yang digelar di Melbourne, Australia, Minggu, 29 Maret 2009. Puncaknya, dua pembalap tim debutan, Brawn GP, yakni Jenson Button dan Rubens Barrichello menempati dua posisi teratas diikuti pembalap Toyota Jarno Trulli.

Di lap pertama, Button yang start dari pole position berhasil melejit meninggalkan lawan-lawannya. Pembalap Brawn GP itu terlihat begitu nyaman.

Namun nasib berbeda dialami rekan satu tim Button, Rubens Barrichello. Ia harus tercecer ke posisi keenam selepas start karena mobilnya sempat tak merespons saat lampu hijau menyala. Bahkan memasuki tikungan pertama, Barrichello bersenggolan yang membuat sayap depan mobilnya rusak.

Mark Webber (Red Bull) dan Heikki Kovalainen (McLaren) juga bersenggolan di tikungan pertama. Sial buat Kovalainen, ia harus menyudahi balapannya karena kerusakan pada mobilnya terlalu parah. Roda dan suspensi sebelah kiri depan rusak berat.

Di lap keempat, Button masih belum terkejar. Ia dibuntuti oleh Sebastian Vettel. Sedangkan Lewis Hamilton yang start dari posisi ke-18 sudah berhasil naik ke posisi ke-10.

Memasuki lap 14, Barrichello dengan sayap depan yang rusak mulai kehilangan daya untuk terus menekan. Ia baru masuk pit empat lap berikutnya, mengganti sayap depan, ban dan mengisi bahan bakar.
 
Safety car masuk di lap 19, tepat setelah Button keluar dari pit. Lewis Hamilton mulai mengeluh kahilangan temperatur pada keempat bannya.

Safety car keluar lintasan di akhir lap 23. Satu lap kemudian Nelson Piquet Jr. mengajak Renault-nya- bermain di speed trap setelah berebut posisi Nico Rosberg (Williams).

Barrichello kembali masuk pit di lap 51. Ia keluar pit dan berhasil menempati posisi kelima di belakang Nico Rosberg (Williams). Dua lap kemudian Barrichello mampu  menyalip dan kini ada di posisi keempat.

Kesabaran Barrichello membuahkan hasil. Terus mengintai Vettel dan Robert Kubica (Wiiliams) yang ada di depannya, Barrichello akhirnya bisa naik ke posisi kedua setelah Vettel dan Kubica saling bersenggolan yang menyebabkan mobil mereka rusak parah. Keduanya gagal menyelesaikan lomba.

Button dan Barrichello finish di posisi pertama dan kedua saat safety car masih ada di lintasan. Sebuah hasil sempurna buat Brawn GP yang baru pertama kali ikut balapan resmi.

Hasil lomba

1 J Button      Brawn
2 R Barrichello    Brawn
3 J Trulli    Toyota
4 L Hamilton    McLaren
5 T Glock    Toyota
6 F Alonso    Renault
7 N Rosberg    Williams
8 S Buemi    Toro Rosso
9 S Bourdais    Toro Rosso
10 A Sutil    Force India
11 N Heidfeld    BMW Sauber
12 G Fisichella    Force India
13 M Webber    Red Bull
14 S Vettel (ret.)    Red Bull
15 R Kubica (ret.)    BMW Sauber
16 K Raikkonen (ret.)    Ferrari
17 F Massa (ret.)    Ferrari
18 N Piquet Jr (ret.)     Renault
19 K Nakajima (ret.)     Williams
20 H Kovalainen (ret.)     McLaren

Enji Baskoro Siap Hadiri Pernikahan Ayu Ting Ting dan Sang Lettu, Asal Mau Lakukan Syarat Ini
Amy BJ WNA Korea dan asisten pribadinya.

Penampakan Amy BJ WNA Korea, Penuhi Panggilan Polisi Soal Tisya Erni

Wanita warga asing (WNA) Korea Selatan bernama Amy yang mempolisikan penyanyi dangdut Tisya Erni terkait dugaan tindak pidana perzinaan dan menghalangi pemberitaan ASI.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024