Kiat Menumbuhkan Kreativitas Anak

VIVAnews - Banyak orang tua menginginkan anaknya memiliki kreativitas tinggi. Namun, bagaimana cara mendorong kreativitas anak tersebut.

Seperti dikutip VIVAnews dari FemaleFirst, Minggu 29 Maret 2009, pakar pengembangan diri, Roz Streeten, menawarkan lima tips yang diharapkan mampu mendorong kreativitas anak melalui berbagai permainan murah, bahasa tubuh, dan pujian.

1. Duduk dan mencurahkan perhatian Anda pada aktivitas kreatif anak.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Di sini, Anda berbagi kesenangan bersama anak sambil menemani mereka menyelesaikan aktivitas kreatifnya. Dengan demikian, anak akan mengasosiasikan aktivitas tersebut dengan pengalaman yang menyenangkan bersama Anda. Nantinya, dia akan senang melakukannya sendiri.

2. Jangan melibatkan diri Anda dalam karya cipta anak.

Sebaiknya Anda melakukan hal yang sama dan tidak mencampuri proses penciptaan kreaksi anak. Misalnya, aktivitas mewarnai telur. Ambillah dua telur untuk Anda dan anak Anda. Kerjakan bersama-sama dengannya. Mereka sangat senang bila Anda ikut melakukan hal yang sama dan menemaninya.

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

3. Jangan lupa memuji hasil cipta karya mereka dan menerima tanggapannya terhadap hasil cipta karya Anda.

Jangan mencemooh karya Anda sendiri, apalagi karya mereka. Karena bila Anda bilang tidak bagus, mereka akan terus mengingatnya.

4. Rangsang daya kreatif anak dengan membangun dunia baru melalui permainan-permainan sederhana.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Misalnya, membangun kastil atau rumah kotak sepatu. Lalu, jadikan replika superhero mereka sebagai manusianya, seperti Batman, Superman, Sylvaneans, Kung Fu Panda, Barbie, atau sejenisnya. Setelah itu, biarkan mereka membangun dunia yang mereka inginkan.

5. Buanglah jauh-jauh pikiran bahwa bermain bersama anak adalah buang-buang waktu.

Sisakan waktu yang cukup untuk bermain bersama mereka. Bila rutinitas Anda sehari-hari padat, Anda bisa menyiasatinya dengan membelikan mereka mainan interaktif. Misalnya, membelikan boneka besar untuk anak perempuan dan replika super hero atau mainan-mainan semacam miniatur pesawat yang membuat otak mereka lebih terlatih untuk mengembangkan kreativitas.

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024