Pemilu 2009

KPU: Pemilu di NTT Kemungkinan Ditunda

VIVAnews - Bulan Februari lalu, warga Katholik Nusa Tenggara Timur meminta penundaan pemilu di daerah itu. Sebab, tanggal 9 April 2009 bertepatan Kamis Putih. Kamis Putih merupakan puncak acara keagamaan yang biasa dirayakan selama sepekan di kawasan timur Indonesia itu.

Setelah dikaji, akhirnya Komisi Pemilihan Umum memberikan sinyal bakal akomodasi tuntutan masyarakat tersebut. "Dua kabupaten, Lambata dan Larantuka, kemungkinan pemungutan suara pada 13 April," kata anggota Komisi I Gusti Putu Arha disela-sela simulai pemilih pemula, Jakarta, Minggu, 29 Maret 2009.

Namun, Putu belum memberi kepastian soal itu. Sebab, sore ini rencananya Komisi masih akan menggelar rapat pleno. "Kepastiannya tanya Ketua saja nanti usai pleno," kata Putu.

Menurut dia, selain membahas hal itu, Komisi juga akan membahas laporan daerah terkait laporan rekening khusus dan saldo awal dana kampanye peserta pemilu di daerah. Komisi membahas terkait sanksi terhadap peserta pemilu yang terlambat mengumpulkan laporan pada batas akhir 9 Maret lalu.

Terkait dana kampanye itu, beberapa KPU daerah sempat menjatuhkan sanksi pembatalan sebagai peserta pemilu terhadap yang terlambat. Namun, Komisi menganulir hal tersebut. Sebab, "Kewenangan pembatalan ada di pusat karena yang menetapkan sebagai peserta pemilu pusat," kata anggota Komisi yang juga mantan jurnalis ini.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024