31 Maret 1959

Dalai Lama Mengungsi ke India

VIVAnews - Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, berhasil melarikan diri ke India untuk menghindari ancaman penangkapan pemerintah China, 31 Maret 1959. Selama 15 hari, Dalai Lama dan rombongan berjalan kaki dari Kota Lhasa menyusuri kaki pegunungan Himalaya.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa perjalanan Dalai Lama bersama 20 pengikutnya dari Lhasa sejak 17 Maret 1959 sama sekali tidak terlacak. Mereka berangkat di malam hari untuk menghindar dari pantauan petugas keamanan China.    

Dia akhirnya berhasil tiba di Celah Khenzimana, yang terletak di perbatasan India-China dan sejak saat itu menetap di Kuil Towang. Dengan perginya Dalai Lama, China sepenuhnya menguasai Tibet setelah konflik senjata selama tiga hari dengan penduduk setempat, yang menewaskan 2.000 orang.

China menyebut konflik di Tibet adalah pemberontakan yang berhasil ditumpas. Pemerintahan Dalai Lama pun dinyatakan terlarang dan China menunjuk pemimpin spiritual baru Tibet, Panchen Lama. Menurut China, Tibet merupakan bagian dari wilayahnya dan berstatus otonomi khusus. 

Namun, hingga kini, Dalai Lama dan para pengikutnya membentuk pemerintahan Tibet di pengasingan dan terus memperjuangkan kemerdekaan Tibet.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024