Duka Tim SAR di Situ Gintung

"Pasrah Dibohongi dan Diteriaki Maling"

VIVAnews - Kian hari evakuasi pencarian korban Situ Gintung makin menemui rintangan yang cukup berat.  Bukan hanya masalah medan yang cukup sulit, Tim SAR juga harus rela dibohongi dan diteriaki maling warga.

Hal ini yang dialami Deni Chandra, 23 tahun, anggota Badan SAR Nasional Provinsi DKI Jakarta. Dia menceritakan banyak warga yang berbohong kepada Tim SAR, mengatakan bahwa ada mayat di salah satu mobil yang terperosok ke dasar Kali Pesanggrahan.

"Dia bilang di mobil itu ada mayatnya yang belum di evakuasi, tapi saat kita tarik mobilnya, ternyata tidak ada sama sekali," ujar Deni kepada VIVAnews.

Ternyata, kata Chandra, maksud warga tersebut membohongi tim SAR, agar mobil miliknya itu bisa diangkat dan lalu bisa diklaim ke pihak asuransi.

"Kami sudah capek menguras tenaga untuk mencari korban, malah disuruh evakuasi mobil agar bisa diklaim," ujarnya.

Kejadian ini sudah hampir tiga kali dialaminya saat sedang melakukan pencarian korban di Kali Pesanggrahan yang berada di Perumahan Cirendeu Permai.

Meskipun sering dibohongi, dia mengaku tidak jera dan putus asa. "Kami memang kesal dibohongi, tapi ini merupakan tugas. Tidak ada salahnya dicek meskipun hasilnya nihil," ujar pria yang sudah dua  tahun menekuni profesi itu.

Keluh kesah lainnya, dialami Erdi Jatmiko, 21 tahun. Anggota Badan SAR Nasional Provinsi DKI itu harus pasrah saat dirinya diteriaki maling warga setempat.

Cerita itu berawal saat dia sedang melakukan pencarian korban di bawah reruntuhan puing-puing rumah warga yang hancur diterjang air bah Situ Gintung.

"Saat itu tiba-tiba saja pemilik rumahnya teriak ada maling. Padahal saat sedang mencari korban, bukan mau mencuri," katanya.

Kontan Erdi kaget mendengar teriakan itu, sehingga kaki sobek tersangkut seng. "Ya niat kami baik, tapi disalahartikan. Tapi saya bisa mengerti akibat bencana yang menipanya," ujarnya.

Erdi mengaku tidak sakit hati dengan perlakuan yang dialaminya. Bahkan dirinya semakin bersemangat untuk terus melakukan evakuasi pencarian korban, meskipun harus jalan tergopoh-gopoh akibat luka di kakinya.

"Ya itu bagian dari tugas saya, membantu orang itu harus ikhlas," katanya. 

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini
Chandrika Chika

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Penangkapan Chandrika Chika seolah-olah merupakan kutukan podcast selebritas Deddy Corbuzier yang membuatnya menjadi peristiwa yang mengejutkan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024