Bencana Situ Gintung

Sulitnya Menemukan Balai Warga

VIVAnews - Enam hari berselang sudah setelah tragedi bencana Situ Gitung terjadi, namun ternyata bukan hanya jumlah korban hilang yang masih simpang siur. Lokasi Balai Warga pun ternyata sama tidak jelasnya.

Tim Kesehatan Jiwa dari Magister Keperawatan Jiwa Universitas Indonesia yang ingin memberikan konseling bagi para pengungsi harus berkeliling mencari dimana letak balai warga tersebut.

Awalnya dari media center, tim yang pimpin oleh Wahyunigsih, 27 tahun, diberi arah ke Fakultas Kedokteran UMJ dan berbelok ke kiri. Setelah mengikuti arahan petugas media center tersebut, Wahyu tidak dapat menemukan tempat tersebut.

"Saya mencari dimana balai warga, karena menurut relawan pengungsi banyak di sana. Dan kami ingin melakukan konseling bagi para pengungsi " ujarnya.

Merasa bingung, Wahyu bertanya lagi pada warga, warga yang ditanya pun memberi arahan. Kembali lagi Wahyu mengikuti arahan warga tersebut dan lagi-lagi ia tidak berhasil menemukan Balai Warga tersebut.

Wahyu dan rombongan terus berjalan mengelilingi Kampung Poncol. Sesampainya di bawah jebolnya tanggul untuk ketiga kalinya ia bertanya, kali ini ia bertanya pada seorang petugas. "Dimana ya pak balai warga itu, saya dari tadi berkeliling tapi belum ketemu juga, " tanya Wahyu pada petugas berseragam itu.

Petugas pun memberikan arah. "Nanti langsung naik ke atas, setelah warung nasi belok ke kiri, " kata petugas tersebut.

Wahyu mengikuti arahan petugas itu, namun lagi-lagi Balai Warga tidak ditemukan. Setelah lelah berjalan sekitar 2 km hanya untuk mencari Balai Warga, akhirnya  Wahyu dan timnya memutuskan untuk melakukan proses konseling di lingkungan warga tersebut.

"Kita lakukan konseling disini saja, banyak juga para pengungsi di sini," kata Wahyu dengan nafas terengah-engah kepada timnya.

Tidak jelasnya dimana Balai Warga juga membuat rekan-rekan media  yang ingin meliput menjadi bingung.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024