Pelatih Timnas U-23 Belum Dikontrak

VIVAnews - Badan Tim Nasional (BTN) ternyata belum menetapkan status tim pelatih timnas U-23 asal Uruguay. Padahal, tim pelatih ini sudah tiba di Jakarta.

Pelatih kepala, Cesar Payovic Perez dan asistennya, Gabriel Jorge Anon, pelatih fisik, Francisco Morales, plus asisten pelatih timnas senior, Sudirman, sejak Selasa, 31 Maret sudah tiba di hotel Jayakarta, Palembang. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Nurdin Halid.

“Calon pelatih timnas U-23 masih menunggu untuk ditetapkan. Kami masih menimbang pemaparan program serta presentasi dari mereka,” ujar Nurdin kepada wartawan GOSport, Arta Tidar.

Sebelumnya, timnas U-23 yang didampingi oleh Demis Djamaoeddin sebagai personal in charge (PIC) ini sempat memastikan segera dilatih oleh Cesar. Pelatih ini juga menangani timnas U-16 di Uruguay.

“Saya kan bilang, Cesar memang melatih timnas U-23. Tapi, saya tidak mengatakan bahwa Cesar sudah resmi dikontrak oleh PSSI sebagai pelatihnya,” tukas Hamka Kadi, Wakil Ketua BTN.

Meski terkesan terlambat menginformasikan hal ini, PSSI memang sedang berhitung keras. Terutama soal anggaran untuk tim Merah Putih muda ini.

“Rencananya, saya dan Ketum PSSI akan terbang ke Palembang pada Jumat nanti. Selain menghadiri Welcome Party yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Sumatera Selatan untuk timnas U-23, kami juga sedang melakukan negosiasi serta menilai program dari Cesar dan kawan-kawan,” papar Hamka.

Sebagai ilustrasi, Cesar yang dianggap sukses menangani timnas U-16 di Uruguay ini, mendapat bayaran 5.000 dolar AS atau mencapai Rp 60 juta setiap bulannya selama menggembleng Alan Martha dkk.

“Bisa saja Cesar serta tim pelatihnya digantikan oleh pelatih yang lain. Itu jika penilaian dari PSSI dan BTN tak menempatkan mereka sebagai pelatih timnas U-23,” sebut Hamka.

Sedangkan Demis justru enggan membagi informasi soal status ikatan Cesar dan kawan-kawan saat ini dengan timnas U-23.

“Silahkan bertanya kepada BTN soal itu. Saya hanya mengurusi soal pemain saja,” kata Demis.

Demis justru menginformasikan soal jumlah 24 pemain yang sudah bergabung di Palembang.

“Hingga Rabu, tinggal dua orang yang masih belum tiba. Saya tidak hafal siapa nama-namanya, cek ke BTN dulu soal itu. Yang pasti, timnas U-23, Kamis pagi, mulai berlatih jam 7 pagi di Stadion Gelora Jakabaring,” tegas pria berkepala plontos ini.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024