Calon Pengganti Miranda

Sukses Benahi Pajak, Darmin Ditawari Masuk BI

VIVAnews - Rekam jejak kerja Darmin Nasution di Departemen Keuangan menjadi salah satu daya tarik Direktur Jenderal Pajak itu ditawari masuk ke Bank Indonesia untuk menggantikan posisi Deputi Gubernur Senior BI Miranda S Goeltom. Darmin dianggap sukses memimpin Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan dan Pajak.

"Iya beliau memang ditawari, diminta," ujar sumber yang dekat dengan Darmin kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis 2 April 2009.

Darmin diminta menjadi pengganti Miranda karena dianggap punya pengalaman dan keahlian yang pantas. "Pengalaman beliau adalah bagaimana dulu pernah menjadi Dirjen Lembaga Keuangan Departemen Keuangan sebelum lembaga ini disatukan dengan Bapepam," katanya.

Sebagai Dirjen Lembaga Keuangan, Darmin, banyak mencetuskan ide-ide dan inisiatif berbagai macam kinerja. "Termasuk dulu seperti pengalaman saat rekap bank-bank, kasus Bank Century beberapa waktu lalu, dan inisiator OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," katanya.

Darmin Nasution dianggap memiliki kemampuan mumpuni, termasuk bagaimana ketika menjadi Direktur Jenderal Pajak. Sejak menjabat pada 2006 lalu, kata sumber itu, banyak perubahan telah dilakukan di tubuh lembaga vital di Indonesia itu. "Itu semua adalah ide Pak Darmin," katanya. Sebagai Dirjen Pajak, tugas Darmin Nasution diakui sumber itu memang masih banyak.

Saat dikonfirmasikan kepada Kepala Humas Ditjen Pajak Djoko Slamet Surjoputro, ia mengatakan jika Darmin terpilih, kinerja Ditjen Pajak diyakini tidak akan melorot karena pondasi yang dibangun Darmin sudah cukup kokoh. "Beliau memang pengalaman, tapi kalau diminta mau bagaimana lagi," katanya.

Di tubuh Ditjen Pajak sejak berada di bawah kepemimpinan Darmin, kata dia, memang terjadi banyak perubahan. "Saya tidak bisa menggambarkan, tapi jawabannya bisa dicari ke semua pegawai pajak," ujarnya.

Menurutnya, selama 'mengelola' pajak, selain melakukan reformasi birokrasi, Darmin juga bisa menerapkan prinsip-prinsip Good Government. "Image dulu pajak yang rumit, terpecah antara kantor pajak, sekarang tidak ada," katanya. Terbukti bagaimana kantor pajak tahun ini bisa melayani wajib pajak dengan jemput bola. Selain itu tahun lalu pelaksanaan sunset policy juga terbilang sukses.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron melaporkan salah satu Anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Dewan Pengawas KPK. Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK terkait dugaan penyalahgu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024