Sistem TI Pemilu Akan Diluncurkan Sabtu

VIVAnews -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary mengatakan sistem informasi pemilu 2009 akan siap pada saatnya.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Kini KPU masih dalam proses pengerjaan. "9 April mendatang siap digunakan," ujar Abdul Hafidz, Rabu 1 April 2009, di kantor Komisi, Menteng Jakarta Pusat.

Senada dengannya, Anggota KPU Abdul Aziz mengatakan bahwa tabulasi elektronik sudah hampir kelar.

"Kesiapan integrasi sudah 98 persen, dan hari Sabtu mendatang (4 April 2009) kita akan melakukan launching, sekaligus melakukan ujicoba untuk menjawab kekhawatiran berbagai pihak," kata Abdul Aziz.

Menurut Abdul Aziz, data tabulasi elektronik dilakukan agar proses penghitungan punya data pendukung. Ia mengakui, selama ini belum ada proses pemilu dimanapun yang menggunakan sistem Intelligent Character Recognition seperti yang dilakukan oleh KPU.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Intelligent Character Recognition adalah sistem pengenalan huruf atau angka dari tulisan di kertas untuk dikonversi menjadi data-data digital untuk pengolahan lebih lanjut.

Dalam hal ini, hasil rekap suara dari kertas C1 IT pada tingkat TPS, akan dipindai oleh scanner di tingkat KPUD kabupaten / kota, untuk dikonversi menjadi data digital.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Kemudian, data digital itu akan dikirimkan melalui jaringan Virtual Private Network milik Telkom ke tingkat KPU Pusat. Di KPU Pusat, hasil tabulasi elektronik itu akan bisa diikuti secara seketika.

Menurut Abdul Aziz, KPU memiliki targetkan minimal, bahwa hasil tabulasi elektronik ini bisa meng-cover 75 persen suara.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024