KTT G-20 London

Yudhoyono: So Far, So Good

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merasa gembira karena seluruh pemimpin negara G-20 memiliki semangat serta keinginan yang tinggi untuk mencapai suatu konsensus. Semua kepala negara yang hadir menyadari bahwa resesi ini memang buruk, tetapi optimistis masih terjaga.

"So far, so good," kata Presiden Yudhoyono ketika memberikan keterangan pers mengenai jalannya Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di London. Presiden menyampaikan ini di pesawat dalam penerbangan London-Jakarta (transit di Dubai), Kamis (2/4) sore waktu setempat.

Menurut Presiden, komunike itu sendiri masih dimatangkan. Tapi hampir pasti, karena sudah digarap dan dipersiapkan dengan matang. Kemungkinan ada perubahan kecil. Presiden Yudhoyono menjelaskan, sesuai dengan etika, isi komunike akan disampaikan tuan rumah, dalam hal ini PM Inggris Gordon Brown, pada akhir KTT G-20.

"Semangat kita semua untuk bersama-sama mengatasi krisis ini juga tinggi," kata Presiden. Presiden mengungkapkan, bahwa ia melakukan 'intervensi' saat sesi Working Breakfast tadi pagi waktu setempat.

Kepada seluruh anggota G-20, Presiden mengutarakan dua pertanyaan kritis. Pertama, apakah KTT G-20 kali ini dapat menghasilkan sesuatu yang konkret untuk memulihkan kepercayaan, pertumbuhan, dan lapangan pekerjaan. Kedua, apakah KTT G-20 ini bisa mewadahi kepetingan negara-negara berkembang.

Namun, Presiden tetap optimis kedua tujuan tersebut dapat dicapai. "Dan akan dijalakan pada satu hingga dua tahun mendatang apa yang telah menjadi kesepakatan kita," ujar Yudhoyono kepada wartawan yang menyertai kunjungan kerja selama empat hari di London.

Sumber: Presidensby.info

Pekan Depan, MK Batasi Jumlah Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024
Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons Kemenkes melaporkan, per pekan ke-11 tahun 2024 tercatat sudah ada 5.461 kasus flu Singapura di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024