NATO Sepakat Tambah Pasukan di Afghanistan

VIVAnews - Para pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sepakat menambah jumlah pasukan ke Afghanistan. Mereka juga telah menetapkan pemimpin berikutnya untuk organisasi yang dibentuk pada 1949 itu. 

Keputusan ditetapkan dalam konfrensi NATO yang digelar di Strasbourg, Prancis, Sabtu 4 April 2009, yang diwarnai aksi demonstrasi menentang perang Irak dan Afganistan di luar gedung pertemuan.

Kerajaan Inggris, Spanyol, dan Italia mengatakan, masing-masing akan mengirim ratusan prajurit tambahan ke Afghanistan menjelang pemilihan pemimpin negara tersebut, Agustus mendatang. Saat ini, menurut pemerintah Amerika Serikat, jumlah total tentara asing yang berada di Afganistan lebih dari lima ribu personel.

Kesepakatan penambahan pasukan itu merupakan kemenangan bagi Presiden Amerika, Barack Obama, yang untuk kali pertama menghadiri konfrensi NATO dengan tujuan memaparkan strategi baru tentang Afghanistan dan mengingatkan negara sekutu Amerika bahwa Eropa harus lebih membantu memikirkan persoalan perang.

"Saya senang karena sekutu kami di NATO menjanjikan dukungan kuat bagi strategi baru kami," kata Obama seperti dikutip laman Channel News Asia. 

Meski Prancis dan Jerman tidak ikut berkomitmen untuk menambah pasukan, Obama memuji presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dan kanselir Jerman Angela Merkel, karena telah menjadi tuan rumah gabungan untuk pertemuan ke-60 tersebut.

Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero mengatakan Spanyol akan mengirim 450 personel, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown menjanjikan ratusan personel, dan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi mengatakan pasukan tentara Italia di Afghanistan akan bertambah menjadi sekitar tiga ribu orang dari sekitar 2.300 yang ada sekarang.

Perdana Menteri Denmark Anders Fogh Rasmussen akan menjadi sekretaris jenderal NATO berikutnya, meski sempat mendapat pertentangan dari Turki karena persoalan kartun Nabi Muhammad pada 2005.

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?
Red Sparks

Red Sparks Vs Indonesia All Stars, Tim Korea Selatan Tak Mau Main-main

Red Sparks vs Indonesia All Stars akan jadi sajian menarik bagi pencinta voli di Tanah Air. Kedua tim saling berhadapan dalam pertandingan uji coba di Indonesia Arena.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024