Bencana Situ Gintung

Penyisiran Korban Hilang Belum Dihentikan

VIVAnews - Pemerintah Kota Tangerang Selatan menambah lagi tiga hari pencarian korban hilang bencana Situ Gintung. Masih ada sekitar 70 korban yang belum ditemukan.

"Saya meminta tim SAR melakukan penyusuran dilanjutkan kembali," kata Wali Kota Tangerang Selatan, HM Saleh, di tenda utama pos pengungsian Wisma Kertamukti, Senin 9 April 2009.

Dengan demikian, total waktu pencarian korban dan evakuasi menjadi 13 hari setelah Kamis pekan lalu juga sempat diperpanjang tiga hari. Sesuai prosedur nasional, kerja tim SAR dalam penanggulangan bencana hanya tujuh hari sejak bencana terjadi. Namun bisa fleksibel sesuai kebutuhan.

Staf Operasi Badan SAR Nasional. Mumin Maulana mengatakan, pencarian hari ini difokuskan di lokasi timbunan sampah di pangkal sungai Pesanggrahan, sekitar 1 kilometer dari Pasar Cipulir.

Pencarian dilakukan dengan mengerahkan dua tim. Tim pertama beranggota lika personel, menyusuri Kali Pesanggrahan dengan perahu karet menuju titik timbunan sampah. Tim lainnya, juga dengan lima personel, langsung melakukan pencarian di tempat timbunan sampah tersebut.

Jebolnya tanggul Situ Gintung pada 27 Maret 2009 merenggut sedikitnya 100 korban jiwa. Sekitar 70 korban hilang belum ditemukan hingga kini. Lebih dari 1.000 orang juga kehilangan tempat tinggal.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024