Lembaga Survei Nasional

Mengapa Gerindra Masuk Nomor Tiga

VIVAnews – Survei Lembaga Survei Nasional menempatkan Partai Gerakan Indonesia Raya sebagai satu-satunya partai yang mengalami perkembangan fenomenal di pemilu 2009.  Partai ini melesat meninggalkan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Golongan Karya dan duduk di posisi tiga besar.

Menurut Koordinator Lembaga Survei Nasional, Umar S Bakry, Senin 6 April 2009, terdapat tiga alasan yang membikin partai yang mengusung Prabowo Subianto menjadi calon presiden itu berkembang pesat.

Alasan pertama adalah sosok Prabowo yang mampu tampil cerdas, tegas, visioner dan menunjukkan kepedulian terhadap rakyat kecil. Hal itu, kata Umar, menjadi daya tarik yang kuat di mata masyarakat untuk menyukai Partai Gerindra.

“Jika sosok ini tidak ada di Gerindra, mungkin saja partai ini masih terseok-seok di papan bawah. Seperti partai baru lain yang tidak punya ikon,” kata Umar.

Alasan kedua, program kerja yang ditawarkan partai selama masa kampanye terbuka mengena pada kebutuhan riil masyarakat. Misalnya delapan program aksi yang diluncurkan secara massif selama kampanye. Program itu dinilai Umar mampu menumbuhkan semangat dan harapan kesejahteraan baru.

“Seperti dikatakan Amien Rais, program kerja Partai Gerindra paling jelas dibanding partai lain,” kata dia.

Alasan ketiga ialah ketika partai ini mampu tampil impresif selama masa kampanye. Sebaliknya, kata Umar, partai-partai besar lain justru tampil loyo.

Lebih lanjut Umar mengatakan, kendati elektabilitas yang dicapai Partai Gerindra sangat tinggi dalam survei, hal itu tidak menjamin 100 persen hasil serupa akan diraih di pemilihan legislatif.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024