Insiden Perbatasan

PM Thailand: Konflik dengan Kamboja Mereda

VIVAnews - Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva, mengatakan ketegangan antara Thailand dengan Kamboja akibat kembali pecahnya insiden bersenjata di perbatasan Jumat pekan lalu sudah mereda. Setidaknya dua prajurit Thailand tewas dan belasan lainnya luka-luka dalam adu senjata di sekitar kuil bersejarah Preah Vihear itu.

"Ketegangan yang disebabkan kesalahpahaman itu sudah mereda," kata Abhisit melalui siaran televisi seperti dimuat laman stasiun televisi al-Jazeera.

Para komandan angkatan bersenjata Thailand dan Kamboja telah bertemu, Minggu 5 April 2009, dan berdialog untuk menghindari konflik serupa di masa mendatang. "Kami bertemu untuk mengembalikan keadaan ke kondisi normal dan memastikan tidak ada lagi adu senjata," kata Mayor Jenderal Srey Doek dari Kamboja setelah pertemuan.

Komandan militer Thailand Mayor Jenderal Kanok Netrak Thavesanak mengatakan kedua pihak bersedia berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah di masa mendatang. "Memang kadang terjadi kesalahpahaman tapi itu bisa diatasi," kata Kanok.

Tidak ada serangan lanjutan sejak konflik akhir pekan lalu. Para prajurit dari dua kubu terlihat berbincang-bindang dan menyimpan senjatanya. Namun mereka mengaku siap kembali bertempur jika dibutuhkan.

Lebih lanjut, Abhisit berharap insiden perbatasan itu akan dibahas dalam pertemuan Asosiasi Negara Asia Tenggara yang akan diadakan 12 April di Pattaya, 60 kilometer dari Bangkok.

Sebelumnya, pemerintah Kamboja menuding insiden antara petugas perbatasan Kamboja dan Thailand ini disulut tentara Thailand yang memasuki wilayah mereka dan mengacuhkan peringatan untuk mundur. Namun Thailand membantah tuduhan ini dan mengaku sedang berusaha membersihkan area itu dari ranjau darat.

Pada 1962, pengadilan internasional memutuskan wilayah kuil Preah Vihear merupakan bagian Kamboja. Namun daerah sekitarnya tetap diperebutkan. Tentara dua negara ditugaskan secara lebih intensif di daerah itu sejak suasana memanas pada Juli 2008. Dua tentara Kamboja tewas dalam pertempuran bersenjata pada Oktober.

Brutalnya Israel, Mayat Warga Palestina Ditemukan di RS Nasser dengan Kondisi Telanjang & Diborgol
iLUSTRASI PERANG DUNIA.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Iran melakukan serangan balasan terhadap Israel pada malam Sabtu, 13 April 2024 lalu. IDF (Pasukan Pertahanan Israel). Jika perang dunia apakah kiamat akan terrjadi?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024