Timnas U-23 Masih Boleh Balik Kandang

VIVAnews - Badan Tim Nasional (BTN) PSSI masih memberikan izin bagi klub untuk memakai jasa pemain-pemainnya yang ada di pelatnas SEA Games Laos 2009. Kesempatan itu diberikan sampai bulan depan.

Menurut Ketua BTN, Rahim Sukasah, program latihan yang saat ini berjalan di pelatnas masih belum padat. Karena itu klub masih diperkenankan untuk meminjam pemainnya bila tampil di liga, copa, atau turnamen internasional.

Namun kesempatan itu hanya berlaku hingga Mei 2009. Sebab, Juni 2009, timnas U-23 akan mengikuti turnamen di Malaysia. Sedangkan Agustus, klub sama sekali tidak diperbolehkan lagi meminjam pemainnya yang berada di pelatnas.

"Bagi yang masuk tim tentu sudah tidak bisa dipinjam klubnya. Tapi, yang tidak masuk tim mungkin masih bisa," kata Rahim saat dihubungi oleh VIVAnews, Senin, 6 April 2009.

Beberapa tim memang masih membutuhkan tenaga pemain-pemainnya yang ada di pelatnas. Deltras Sidoarjo contohnya. The Lobster meminta agar PSSI mengizinkan Dede Hugo tampil saat mereka bertarung di leg kedua babak 16 besar Copa Indonesia 2008/2009.

Sriwijaya FC juga bernasib sama. Bahkan Laskar Wong Kito sudah lebih dulu menarik dua pemainnya yang berada di pelatnas, Dede Sulaiman dan Toni Sucipto. Keduanya diboyong ke Jepang untuk menghadapi Gamba Osaka pada lanjutan AFC Cup 2009, Rabu, 8 April 2009.

Pelatih Tak Kunjung Dikontrak
BTN belum juga Status tim pelatih timnas U-23 asal Uruguay belum juga ditetapkan. Menurut Rahim, rencana itu baru akan akhir pekan ini.

Meski belum dikontrak, Rahim yakin program latihan akan tetap berjalan normal. Pasalnya, tim pelatih yang didatangkan dari Uruguay itu merupakan pelatih yang ditunjuk menangani timnas U-16 selama ini.

"Jadi sebenarnya kontraknya sudah ada untuk timnas U-16. Kalau memang cocok menangani U-23 kan tinggal dibuat kontrak baru saja," kata Rahim.

"Akhir minggu ini kami akan rapat. Mudah-mudahan cocok, sehingga program yang sudah disusun tinggal dilanjutkan saja," tandas Rahim.

BTN memanggil tiga pelatih yang terdiri atas, pelatih kepala, Cesar Payovic Perez dan asistennya, Gabriel Jorge Anon serta, pelatih fisik, Francisco Morales. Ketiga pelatih itu akan dibantu oleh asisten pelatih timnas senior, Sudirman.

Tim pelatih itu sudah berada di Palembang, Sumatera Selatan, sejak Selasa, 31 Maret 2009.

Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim
Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024