Libur Pemilu

Rangkaian Kereta Eksekutif Diperpanjang

VIVAnews - PT Kereta Api memprediksi lonjakan penumpang menjelang libur Pemilu 9 April mendatang. Persediaan tiket penumpang pun ditambah.

"Mulai hari ini rangkaian kereta diperpanjang dari yang biasanya 6 jadi 8-10 gerbong," kata Kepala Humas Daerah Operasi I PT Kereta Api, Akhmad Sujadi, kepada VIVAnews, Selasa 7 April 2009.

Perpanjangan rangkaian kereta ini dilakukan di hampir seluruh jurusan kereta eksekutif. Rangkaian maksimalĀ  terutama untuk jurusan favorit seperti kereta tujuan Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

Selain memperpanjang rangkaian kereta, PT Kereta Api juga meluncurkan satu rangkaian kereta tambahan yaitu Argo Lawu tujuan Solo keberangkatan tanggal 8 April pukul 21.15. "Seluruh tiket kereta reguler dan kereta tambahan keberangkatan 7-8 April sudah habis," ujarnya.

Namun, PT Kereta Api akan memfasilitasi masyarakat yang kehabisan tiket dengan menyediakan 50 tiket tambahan yang dijual menjelang keberangkatan. "Rata-rata ada tambahan 50 kursi untuk setiap rangkaian kereta per jurusan," ujar Sujadi.

Loket penjualan tiket tambahan akan dibuka di Stasiun Gambir tiga jam menjelang jadwal keberangkatan masing-masing kereta. Para calon penumpang bisa mengantrenya langsung. Harga tiketnya sama dengan harga tiket yang dibeli lewat pemesanan.

Lonjakan penumpang terjadi menjelang libur Pemilu 9 April 2009. Banyak warga Jakarta yang bepergian ke luar kota lantaran libur hajatan politik itu berurutan dengan tanggal merah Jumat Agung 10 April dan libur akhir pekan 11-12 Maret 2009. Diperkirakan banyak karyawan yang mengambil cuti sejak awal pekan ini.

PT Kereta Api pun memberlakukan tarif tinggi untuk seluruh kereta kelas eksekutif menjelang libur Pemilu hingga akhir pekan ini dari Gambir. Kenaikan harga tiket berkisar 25-50 persen dari harga batas bawah.

Kereta api Argo Anggrek Jakarta - Surabaya dan Gajayana Jakarta - Malang naik dari Rp 260 ribu menjadi Rp 350 ribu, sedangkan kereta Bima Jakarta - Surabaya naik dari Rp 240 menjadi Rp 310.

Kereta Argo Lawu dan Argo Dwipangga rute Jakarta - Solo naik dari Rp 210 ribu menjadi Rp 300 ribu, kereta Argo Muria Jakarta - Semarang naik dari Rp 200 menjadi Rp 240. Sedangkan, kereta Gumarang Jakarta - Semarang naik dari Rp 220 ribu menjadi Rp 260 ribu.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memimpin pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pihaknya kembali menyelidiki kembali maraknya perdagangan pakaian bekas hasil impor.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024