Survei Bank Indonesia

Konsumen Masih Pesimistis Harga Barang Turun

VIVAnews - Optimisme konsumen Indonesia belum terdongkrak. Pada Maret 2009, Indeks Keyakinan Konsumen masih nyungsep ke level 98,6. Konsumen memperkirakan harga-harga pada 3-6 bulan ke depan akan naik.

Kenaikan harga ditengarai terjadi akibat maraknya pelaksanaan kampanye legislatif calon wakil rakyat dan wakil daerah yang diduga akan berlanjut sampai dengan pelaksanaan pemilihan umum Presiden. Kondisi ini diduga akan meningkatkan konsumsi masyarakat. Demikian hasil Survei Konsumen yang dikutip VIVAnews dari situs Bank Indonesia, Selasa 7 Maret 2009.

Meski IKK mengalami penurunan, hasil survei mencatat Indeks Ekonomi Saat Ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen telah mengalami kenaikan masing-masing 3,5 poin dan 1 poin. Sayangkan kenaikan kedua indeks ini belum berhasil mendongkrak IKK ke level optimistis. Berkurangnya pesimisme ini karena konsumen memperkirakan kondisi sosial politik aman dan kondusif di tengah pelaksanaan kampanye legislatif. Kondisi ini diperkirakan akan terjaga sampai penyelenggaraan Pemilu presiden.

Dijelaskan, secara tahunan, IKK mengalami peningkatan sebesar 8,7 poin dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena membaiknya persepsi responden terhadap IKE meskipun masih berada pada level pesimis.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, IKE juga mengalami peningkatan sebesar 5,4 poin. Peningkatan tersebut terjadi karena kenaikan indeks penghasilan saat ini 7,8 poin, indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama 2,9 poin dan indeks ketersediaan lapangan kerja 5,6 poin.

Tidak hanya IKK dan IKE, IEK juga mengalami peningkatan sebesar 12,0 poin. Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan yang cukup besar terhadap indeks ekspektasi ekonomi sebesar 26,0 poin sehingga berada pada level optimis. Kenaikan tersebut juga diikuti oleh peningkatan indeks ekspektasi penghasilan dan indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja masing-masing sebesar 3,0 dan 7,0 poin.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Penghasilan dan Suku Bunga

Terkait penghasilan, konsumen memperkirakan penghasilan pada 6 bulan mendatang masih cukup baik. Indeks Ekspektasi Penghasilan berada di level optimistis meski mengalami sedikit penurunan 0,1 poin dibandingkan hasil survei bulan sebelumnya.

Mengenai ekspektasi suku bunga, sesuai dengan perkiraan terhadap kenaikan harga secara umum pada 6 bulan mendatang, seuku bunga tabungan pada 6 bulan ke depan juga akan mengalami kenaikan 2,4 poin menjadi 113,4. Indeks tabungan enam bulan mendatang juga menunjukkan peningkatan sebesar 1,3 poin.

Sementara itu, optimisme responden terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang masih cukup baik dan berada pada level optimis meski mengalami penurunan sebesar 1,0 poin bila dibandingkan dengan survei bulan lalu. Hasil survei bulan ini mencatat indeks ekspektasi ekonomi berada pada level 112,6.

Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024