Prosesor Multi Core

Intel Janjikan Prosesor Octa Core Akhir 2009

VIVAnews - Meski belum memiliki tanggal pasti beredarnya prosesor octa core (delapan core prosesor), dalam sebuah interview yang VIVAnews kutip dari Xbitlabs, 7 April 2009, seorang eksekutif Intel menyatakan bahwa mereka akan menjual prosesor Xeon MP dengan delapan core akhir 2009 atau awal 2010 mendatang.

“Apa yang akan didapat pengguna di awal tahun depan atau akhir tahun ini adalah, kami akan mendorong sistem empat atau delapan soket prosesor,” kata Shannon Poulin, Xeon Platform Director Intel Server Products Group pada IDG News Services.

Menurut Poulin, prosesor Xeon dengan delapan core itu menggunakan arsitektur berbasis mikroprosesor Nehalem yang memiliki 2,3 miliar transistor dan dibuat dengan proses teknologi 45 nanometer. Chip yang akan menggunakan kode nama Beckton itu akan memiliki empat jalur point to point quick path interconnect antar prosesor dan juga fasilitas input output sistem yang bekerja sampai kecepatan 6,4 gigatransfer per detik.

Seperti prosesor kelas Nehalem lainnya, prosesor ini ditujukan untuk sistem yang dapat diekspansi dan memiliki kontroler memori terintegrasi yang memiliki 4 kanal memori. Prosesor tersebut juga nantinya akan menggunakan soket LGA 1567.

Yang menarik untuk diperhatikan, prosesor Bloomfield (Core i7) saat ini memiliki 731 juta transistor, dengan 4 buah core, L2 cache 1MB (256KB per core) dan juga unified L3 cache berkapasitas 8MB. Mengingat bahwa prosesor Xeon yang akan datang tersebut ditujukan untuk kelas enterprise dan memiliki delapan buah core serta jumlah transistor yang mencapai 3 kali lipat dibanding prosesor yang ada saat ini, diperkirakan Xeon itu akan memiliki cache yang jauh lebih besar. Beberapa sumber menyebutkan bahwa cache-nya akan mencapai 24MB.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024