Liga Champions Asia (LCA) 2009

Sriwijaya FC Jajal Raksasa Asia

VIVAnews - Sriwijaya FC akan menghadapi duel super berat pada lanjutan Liga Champions Asia (LCA) 2009, Rabu, 8 April 2009. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Expo 70, Jepang itu, Laskar Wong Kito akan dijamu  juara bertahan Gamba Osaka.

Dua pertandingan telah dilewati SFC di LCA 2009. Namun tak satupun yang berhasil menyumbangkan poin. Pertandingan pertama kontra Seoul FC, SFC keok 2-4 di Stadion Jakabaring, Palembang.

Nasib yang sama dialami saat bertandang ke markas Shandong Luneng. Pada pertandingan kedua ini, SFC keok dengan skor cukup telak 0-5. Dengan dua kekalahan ini, SFC sampai saat ini masih menempati posisi dasar klasemen sementara grup F tanpa satu poin pun.

Untuk lolos ke babak selanjutnya, SFC sejatinya harus mampu memetik poin dari pertandingan hari ini. Namun menilik lawan yang akan diahdapi, keinginan itu tentu bukanlah hal yang mudah untuk terwujud.

Gamba Osaka merupakan jawara LCA musim lalu. Dengan komposisi pemain berkualitas dan pengalaman segudang di pentas internasional, Gamba Osaka boleh dikatakan bukan lawan sepadan bagi SFC.
    
Hal ini sangat disadari oleh Pelatih SFC, Rahmad Darmawan. Apalagi pasukannya juga tidak dalam kekuatan penuh.

Meski sudah memboyong kiper utamanya, Ferry Rotinsulu, SFC masih tetap menyisakan masalah di bawah mistar gawangnya. Pasalnya, Dede Sulaiman yang menjadi andalan masih telalu butuh jam terbang untuk even sebesar LCA.

Tak ingin timnya jadi bulan-bulanan, Rahmad pun bakal memprioritaskan pertahanan. Bahkan rencananya, mantan pelatih Persikota, Persipura, dan Persija itu akan menurunkan tiga center back sekaligus.

"Gamba Osaka adalah lawan yang cukup berat, apalagi ketika mereka tampil di kandang. Kami telah melatih beberapa formasi bertahan dan akan mencoba beberapa kesempatan yang ada," kata Rahmad kepada situs resmi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Selasa, 7 April 2009.     

"Jika kami ingin terhindar dari kekalahan, kami harus bisa menghentikan serangan Gamba Osaka. Dan untuk untuk itu, kami harus tampil bertahan," beber Rahmad.

Gamba Osaka Andalkan Permainan Kolektif
Tuan rumah tampil cemerlang di dua laga LCA 2009. Pertama pasukan Akira Nishino berhasil mengalahkan tim Shandong Luneng 3-0, sedangkan di laga berikutnya Gamba menghajar Seoul FC 4-2. Saat ini Gamba memimpin Grup F dengan koleksi 3 poin dari 2 laga.

Meski sudah mengoleksi dua kemenangan tuan rumah tak ingin berhenti. Sebaliknya, tim Matahari Terbit itu akan bertekad untuk merebut kemenangan dalam dua pertemuan dengan SFC musim ini.

"Kami ingin memenangkan dua pertemuan kami dengan SFC. Dengan demikian, langkah kami di pertandingan bulan Mei akan lebih mudah," kata Nishino.

Meski di atas angin, Gamba tetap akan berhati-hati pada pertandingan hari ini. Pasalnya, Satoshi Yamaguchi cs sedang menunjukkan grafik yang menurun menyusul dua kekalahan beruntun yang mereka derita di  Liga Jepang.

"Kami tidak bermain bagus di dua pertandingan terakhir. Karena itu, pada pertandingan ini, kami harus lebih konsentrasi pada pertahanan. SFC merupakan tim dengan pemain-pemain bertalenta. Kami harus tampil kolektif untuk mengalahkan mereka," ujar kapten tim Gamba Osaka, Satoshi Yamaguchi.

Prediksi Line Up
Gamba Osaka (4-3-3)
Matsuyo Naoki (g); Nakazawa Sota, Yamaguchi Satoshi (c), Yasuda Michihiro, Shimohira Takumi; Endo Yasuhito, Terada Shinichi, Hideo Hashimoto; Lucas Severino, Leonardo Montera, Yamzaki Masato
Pelatih : Akira Nishino

Sriwijaya FC (4-3-3)
Dede Sulaiman (g); Isnan Ali, Toni Sucipto, Charis Yulianto, Chrsitian Warobay;Ambrizal, Wijay, Zah Rahan, Budi Sudarsono, Keith Kayamba Gumbs, Ngon A Djam
Pelatih : Rahmad Darmawan   

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan
Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024