Indeks Pelayanan Ditjen Lapas Terendah

VIVAnews - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan memiliki skor indeks persepsi korupsi paling rendah dalam pelayanan publik di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi M Jasin, indeks persepsi institusi tersebut hanya mencapai 28 persen, jauh dibandingkan empat layanan lainnya yakni Paspor, Fidusia, kenotariatan dan lembaga pemasyarakatan.

"Salah satu indikatornya adanya harapan gratifikasi dari para pelayan publik," kata Jasin di Departemen Hukum dan HAM, Jakarta 7 April 2009.

 Sebanyak 86 persen responden menilai  tidak wajar memberikan biaya tambahan. "Sementara itu, sebesar 41 persen dari 120 responden menyebutkan wajar memberi biaya tambahan dalam pelayanan publik," tambah dia.

Dari pengalaman korupsi, sebesar 59 persen responden membayar biaya tambahan di luar biaya resmi. Jasin menambahkan sebanyak 61 persen responden menyatakan akan dipersulit jika tidak memberikan biaya tambahan.

Menanggapi segi administrasi, responden menganggap informasi terkait prosedur pelaksanaan sangat rendah di lembaga pemasyarakatan. "Hanya 62 persen yang menjelaskan bahwa prosedur itu jelas," kata Jasin. Menurut dia, angka ini menduduki peringkat tiga terbawah diantara empat layanan lainnya. Pelayanan publik pada Lembaga Pemasyarakatan antara lain layanan pengajuan bebas bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat.

Jasin menyatakan hasil survei itu menunjukkan adanya sistem pelayanan yang perlu diperbaiki. "Kita benahi bersama-sama dari dalam, kata dia. KPK kata Jasin, akan melakukan koordinasi, supervisi dan monitoring. "Bentuknya bisa jadi inspeksi mendadak dan tangkap tangan," kata dia. Tapi, kata dia, pilihan itu adalah yang terakhir. "Kita fokus pada pencegahan," jelas Jasin.

Ia menerangkan KPK juga akan mendorong melakukan Anti Corruption Initiatives Assessment pada setiap institusi publik. "Untuk tolak ukur dalam menilai pelayanan publik dalam institusi publik," kata Jasin.

VinFast VF e34

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

VinFast sebagai perusahaan otomotif asal Vietnam, secara resmi meluncurkan kehadirannya di Indonesia dengan membawa angin segar bagi industri otomotif Tanah Air. Hanya da

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024