Kunjungan Mendadak ke Baghdad

Obama: Tiba Saatnya AS Akhiri Perang di Irak

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, melakukan kunjungan dadakan ke Baghdad, Irak, Selasa 7 April 2009. Dalam kunjungan selama empat jam itu, Obama menemui para prajurit AS dan perdana menteri Irak Nouri al-Maliki.

Obama menyatakan sudah tiba saatnya untuk mengakhiri pertempuran di Irak. Obama juga mengatakan AS sangat mendukung langkah pemerintah Irak untuk menghilangkan jurang antara kelompok-kelompok politik, termasuk mengundang kelompok minoritas Sunni masuk dalam pemerintahan dan angkatan bersenjata.

"Warga Irak harus bertanggung jawab atas negaranya sendiri, kita telah memberi kesempatan bagi Irak untuk mandiri sebagai negara demokrasi," kata Obama kepada ratusan prajurit AS.

Berdasarkan agenda awal, Obama seharusnya pulang ke AS setelah mengakhiri tur delapan hari di Eropa. Obama terbang ke Irak dari Turki setelah sebelumnya mengunjungi Inggris, Prancis, Jerman, dan Republik Cheska. Namun, dari Turki Obama menyempatkan diri ke Irak.

Al-Maliki meyakinkan Obama bahwa seluruh perkembangan di bidang politik akan terus berlanjut. Hal ini ditegaskan komandan pasukan AS di Irak, Jenderal Ray Odiemo mengatakan bahwa tingkat kekerasan di negara 1001 malam itu telah menurun. (AP)

Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia
Ilustrasi garis polisi.

Jasad Wanita Tinggal Tulang Ditemukan Ditimbun Dalam Rumah di Makassar, Diduga Dibunuh Suami

Polisi telah menangkap terduga pelaku yang membunuh wanita tersebut.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024