Menkeu: Bank Sehat Pasti Turunkan Bunga

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan penurunan suku bunga acuan atau BI Rate akan diikuti oleh penurunan suku bunga bank.

"Bank yang neracanya sehat, pasti akan menurunkan suku bunga," ujar Menteri Keuangan di Jakarta, 7 April 2009. "Sebab, langkah itu akan sangat baik untuk mereka."

Menurut Menkeu, sejak dua bulan lalu, bank-bank BUMN sudah mengikuti penurunan suku bunga acuan. Bank negara sudah menurunkan bunga pinjaman dan bunga deposito sekitar 25 basis poin. BI Rate telah berulang kali diturunkan oleh bank sentral. Posisi terakhir adalah 7,5 persen.

Yang penting, kata Menkeu, ruang untuk menurunkan suku bunga sangat erat kaitannya dengan kondisi neraca keuangan masing-masing bank.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Jika ada ruang yang cukup, yaitu prediksi penerimaan tidak akan turun dan pinjaman tidak memburuk sehingga bank memiliki kepercayaan tinggi untuk tidak mencadangkan anggaran kerugian. "Itu ada ruang untuk menurunkan suku bunga."

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024