PENCEMARAN NAMA BAIK IBAS

Kapolri: Dua Tersangka Diduga Buat Konspirasi

VIVAnews - Polisi sudah menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik putra presiden, Edhie Baskoro. Polisi mengakui bahwa dua tersangka itu adalah orang yang melaporkan kasus dugaan money politics Edhie Baskoro alias Ibas ke Panitia Pengawas Pemilu.

"Ya, betul. Dia (dua tersangka) yang men-design untuk dia adakan hadiah, disuruh dikasih dana, difoto dan dilaporkan ke Panwas," kata Kepala Polri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri, usai mendampingi Presiden dalam teleconference dengan gubernur di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 8 April 2009.

Penyelidikan kasus ini dilakukan Kepolisian Daerah Jawa Timur. Hasil penelusuran polisi, Bambang Hendarso melanjutkan, didapat bukti permulaan berkaitan dengan dugaan pencemaran nama baik. 

"Karena ternyata ada dua tersangka dari Ponorogo yang memang membuat konspirasi suatu tindak pidana pelanggaran pidana, yang saat ini sedang diproses Polda," ujar Bambang Hendarso. 

Dua tersangka yang dimaksud yakni Nasirin dan Bambang Kisminarso. Nasirin adalah calon legislator Partai Gerakan Indonesia Raya dan Bambang Kisminarso adalah Ketua Kongres Advokat Indonesia cabang Ponorogo. Mereka dijerat dengan Pasal 310 dan 311 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman minimal sembilan bulan penjara dan maksimal lima tahun penjara.

Kedua orang ini diduga telah mencemarkan nama baik calon anggota DPR Partai Demokrat dari daerah pemilihan Jawa Timur VII dengan menuduh telah melakukan money politics. Belakangan, Panitia Pengawas Pemilu setempat menyatakan Ibas yang juga putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu tidak terbukti melakukan money politics.

Prabowo Subianto, Calon Presiden dari Gerindra menegaskan bahwa apa yang dilakukan Nasiri sekedar melaporkan temuan lapangan. "Dia menemukan sesuatu, saya kira dia hanya melapor," kata Prabowo usai pertemuan dengan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suryadharma Ali di Kantor Dewan Pengurus Pusat Gerindra, Jalan Brawijaya IX, Jakarta, Selasa 7 April 2009. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya
PT Bumi Resources Minerals Tbk. (ilustrasi)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) menyampaikan total pendapatan sepanjang tahun 2023 mencapai US$46,63 juta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024