Bugar 5 Menit di Kolam Renang

VIVAnews - Berenang merupakan olahraga tanpa adanya gaya gravitasi bumi (non weight barring). Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar, karena harus ‘melawan’ massa air.

Sehingga, aktivitas ini mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh, lebih maksimal ketimbang berolahraga di darat. Karena gerakan dalam air memerlukan energi tinggi, hasilnya efektif membakar sekitar 25% kalori tubuh.

Yang perlu Anda tahu, aktivitas di air ini juga bisa menenangkan hati. Berenang santai dan perlahan, ternyata mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak, sehingga membangkitkan suasana hati.

Jadi, jika mengalami stres setelah seharian bekerja di kantor, berenang bisa dijadikan pilihan aktivitas sepulang kerja. Aktivitas dalam kolam renang, tidak melulu harus berenang. Anda bisa melakukan peregangan di dalamnya dengan mendapatkan keuntungan yang sama. Cukup lima menit!

1. Berjalan di dalam air sebatas pinggang selama 60 detik. Lakukan dengan langkah-langkah panjang, sambil menganyunkan tangan di depan dada. Sasaran: seluruh tubuh

2. Berdiri di pinggir kolam renang. Tahan kedua siku di pinggir kolam renang, tubuh menghadap ke atas. Lakukan gerakan menendang secara perlahan menembus air selama 30 detik. Lalu, percepat tendangan hingga membuat percikan air selama 30 detik.
Sasaran: kaki dan punggung

3.Berdiri di pinggir kolam renang. Gerakkan kaki kanan Anda ke arah samping kanan, tahan 5 detik. Lalu tarik kembali ke tengah. Lakukan 30 detik untuk tiap kaki.
Sasaran: paha dalam dan paha bagian luar

4. Berdiri dalam air sebatas pinggang dengan kedua kaki sejajar pinggul. Posisi kedua telapak tangan saling bertemu di depan dada.Tekuk kedua lutut Anda hingga air sebatas dada, sambil membuka kedua tangan ke arah samping tahan selama 10 detik. Kembali ke posisi semula. Ulangi sebanyak 6 kali.
Sasaran: dada, bahu, dan punggung

5.Berdiri sejajar pinggul dalam air sebatas dada. Letakkan kedua siku menempel di sisi tubuh Anda, dan telapak tangan menghadap ke atas. Tarik tangan Anda ke arah baru. Tahan posisi selama 10 detik. Ulangi gerakan sebanyak 6 kali.

Akhiri gerakan dengan berenang santai atau melakukan peregangan di dalam air.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024