Pemilu Sela Malaysia

Kekuatan Barisan Nasional Kian Melemah

VIVAnews - Baru empat hari menjabat, perdana menteri Malaysia sekaligus pemimpin partai penguasa United Malay National Organisation (UMNO), Najib Razak, sudah mendapat ujian berat.

Koalisi Barisan Nasional (BN), yang digalang UMNO, mengalami kekalahan di sejumlah wilayah dalam pemilihan umum (pemilu) sela (by-election) yang berlangsung di Selasa, 7 April 2009.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Pemilu sela merupakan pemilu yang diadakan untuk memilih anggota parlemen yang habis masa jabatannya karena berbagai alasan sebelum periode pemerintahan berakhir.

BN kalah dari koalisi oposisi Pakatan Rakyat (PR) di pemilu Bukit Gantang, Perak dan Bukit Selambau, Kedah.

"Hasil ini menunjukkan Najib masih harus menempuh perjalanan panjang sebelum berhasil meraih dukungan pemilih, BN telah berkoar-koar bahwa mereka akan berubah, namun hingga saat ini pernyataan itu belum dilaksanakan," ujar P. Sivamurugan, dosen senior di Pusat Studi Ilmu Sosial di Universiti Sains Malaysia seperti dikutip harian The Straits Times edisi Rabu, 8 April 2009

BN hanya unggul di Batang Ai, Sarawak dan menghalangi langkah PR mendapat lebih banyak suara di Malaysia Timur.  Kekalahan ini menunjukkan kegagalan BN meraih kembali para pendukung mereka di semenanjung Malaysia setelah kehilangan banyak suara dalam pemilu 2008 lalu.

Kekalahan terbesar BN terjadi di Bukit Gantang. Dalam pemilu tahun lalu, PR meraih 1.566 suara. Sementara dalam pemilu kemarin, PR mengemas 2.789 suara dan mengantar mantan menteri besar Perak dari PR, Nizar Jamaluddin, ke dalam parlemen.

Menteri besar Perak dari BN, Zambry Kadir, yang kalah dalam pemilu ini mengatakan koalisi BN harus bekerja lebih keras. "Pemilih berlatar Melayu di Bukit Gantang telah membantu meningkatkan perolehan suara saya, namun pendukung beretnis China yang mencapai 27 persen dari seluruh pemilih mengalihkan dukungannya," kata Zambry.

Sementara itu, di Bukit Selambau, S. Manikumar dari PR mengantongi 12.632 suara, mengalahkan kandidat BN, S. Ganesan yang mendapat 10.229 suara.

Satu-satunya kemenangan BN terjadi di Sarawak. Kandidat BN Malcolm Mussen mendapat 1.854 suara lebih banyak dari kandidat Parti Keadilan Rakyat Jawah Gerang yang mengumpulkan 2.053 suara.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024