Demo BBM Rusuh

Ferry Juliantoro Divonis Setahun

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Komite Bangkit Indonesia, Ferry Juliantoro divonis setahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ferry dianggap memenuhi dakwaan jakwa penuntut umum yakni penghasutan dan penyerangan terhadap aparat.

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan memenuhi dakwaan kesatu, kedua, dan ketiga. Menjatuhkan hukuman satu tahun pidana kepada terdakwa," kata Ketua Majelis Hakim, Andi Makassau di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 8 April 2009.

Majelis hakim membebaskan Ferry dari dakwaan jaksa keempat, kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan. "Saudara bisa melakukan upaya hukum," kata Makassau kepada Ferry, usai membacakan vonis.
Menyambut vonis Ferry, para pendukungnya langsung meneriakan 'Hidup laskar", yang langsung dibalas Ferry dengan mengepalkan tangan kanannya. "Saya ucapkan terimakasih pada teman-teman, pada pengacara saya yang telah mendapingi saya sejak awal hingga putusan ini selama sembilan bulan," kata Ferry, usai persidangan.

Ferry juga menyampaikan simpati pada jaksa yang dianggapnya telah melaksanakan tugas negara dan pada hakim dianggapnya telah memutuskan kasusnya sesuai hati nurani dan fakta-fakta.  "Secara pribadi saya menilai putusan yang terbaik," tambah dia.

Ferry dituntut enam tahun bui oleh jaksa penuntut umum dalam kasus demo kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang berakhir rusuh.

Menurut jaksa, indikasi keterlibatan Ferry dimulai pada 20 Mei 2008. Terdakwa melakukan evaluasi  demonstrasi yang dilakukan di istana. Meski pada hari kejadian, 24 Juni 2008, jaksa mengaku punya bukti terdakwa mengkoordinasi aksi yang berujung rusuh itu.

Ayahanda Teuku Ryan Angkat Bicara Soal Masalah Rumah Tangga Anaknya dengan Ria Ricis
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan CEO Millenium Challenge Cooperation (MCC), Alice Albright 

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Millenium Challenge Cooperation (MCC), Alice Albright disela-sela kegiatannya di AS.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024